Kediri (ANTARA News) - Bakal calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf serta bakal calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno membuat ikrar untuk selalu memerhatikan kemajuan pesantren sebagai bagian memajukan bangsa.

"Ikrar ini kami lakukan untuk penguatan pondok pesantren. Jumlah kan cukup besar di Jatim. Kalau pesantren ikut terlibat di dalam pembangunan bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi akan sangat bagus," kata Gus Ipul dalam acara silaturahmi masyayikh dan pengasuh pondok pesantren se-Jawa Timur di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, Selasa.

Dalam ikrar tersebut, Gus Ipul-Puti berkomitmen bahwa dalam pengambilan keputusan strategis memperkuat kemaslahatan umat, memperkuat pendidikan agama dan menjamin kelestarian tradisi pendidik di lingkungan pesantren.

"Kami mendorong hadirnya layanan kesehatan berkualitas di lingkungan pondok pesantren untuk melayani masyarakat luas, memajukan ekonomi santri melalui pelatihan, pendampingan dan perluasan pendidikan keterampilan serta fasilitasi berdirinya badan usaha di lingkungn pesantren, sehinggaa pesantren nanti bisa semakin maju," katanya menjelaskan.

Selain itu, ia juga menegaskan selalu berkomitmen untuk setia pada NKRI dan menjaga, mempertahankan akidah Islam Aswaja. Komitmen itu akan terus dijaga, sebagai bakal calon Gubernur Jatim dan bakal calon Wakil Gubernur Jatim.

Gus Ipul juga mengungkapkan, selama 10 tahun mendampingi Gubernur Jatim Soekarwo, sudah banyak kemajuan yang telah didapatkan. Pertumbuhan di Jatim di atas rata-rata nasional, pengangguran di bawah nasional, pendapatan per kapita juga meningkat. Jika pada 2009 hanya Rp16 juta per tahun, sekarang mencapai Rp51 juta per tahun.

Selain itu, indeks pembangunan manusia juga meningkat. Pembangunan infrastruktur saat ini juga sudah lebih baik lagi dan telah berkembang. Bahkan, di Jatim sudah beberapa bandara beroperasi termasuk di Sumenep (Bandar Udara Trunojoyo), sehingga memudahkan transportasi.

Ia juga mengatakan, sudah ditakdirkan untuk bertemu dengan Puti dan menjadi bakal calon Wakil Gubernur mendampinginya di Pilkada Jatim 2018. Namun, dalam kurun waktu yang singkat, ternyata masyarakat sudah mengenal Puti. Ia berharap doa restu dari semuanya untuk maju di Pilkada Jatim.

Sementara itu, Puti Guntur juga mengatakan, pertemuan dirinya dengan Gus Ipul juga bagian dari takdir. Dirinya bukan hanya menjalankan tugas untuk memenangkan Pilkada Jatim, tapi juga menjalankan amanat Ketua Umum DPP PDIP untuk bersama-sama merajut merah putih dari bumi Jatim. Hal itu juga sejalan dengan yang sudah dilakukan bapak pendiri bangsa, Bung Karno dengan seluruh tokoh organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama.

"Bukan hanya tugas semata-mata untuk memenangkan pilkada, tapi ada satu tugas lagi dan tentunya lebih penting yang diamanatkan Ibu ketua umum saya, yaitu bagaimana dapat bersama-sama utamanya dengan apa yang telah dirajut pendiri bangsa ini, Bung Karno dan seluruh tokoh NU, yang sama-sama merajut merah putih dari bumi Jatim," katanya menjelaskan.

Dalam acara itu, selain dihadiri oleh Gus Ipul dan Puti, juga para kiai sepuh dari sejumlah pondok pesantren di Jatim, tokoh masyarakat, juga jajaran pengurus PKB dari pusat hingga daerah, serta simpatisan dari berbagai daerah.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018