Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani memastikan kesiapan Wisma Atlet Kemayoran jelang digelarnya "test event" Asian Games 2018.

"Mulai tanggal 6 Februari, atlet-atlet dari 18 negara akan hadir di sini untuk mengikuti test event yang mana ada sembilan cabang olahraga yang akan dipertandingkan," kata Menko PMK usai meninjau langsung Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Minggu.

Dalam keterangan tertulisnya Puan juga meninjau kesiapan dari relawan yang akan membantu 1.200 atlet dari 18 negara. Menko PMK juga meninjau sejumlah fasilitas seperti dapur, ruang makan, hingga kamar yang akan digunakan sebagai tempat tinggal atlet.

"Tadi kita sudah melihat kesiapan dari semua kamar, tadi saya juga sudah lihat di dalamnya bahwa kamar sudah siap. Standarnya itu adalah hotel bintang 3, di mana satu kamar itu akan ditempati oleh tiga atlet," ujar Menko PMK.

Puan mengatakan pelaksanaan "test event" harus dilakukan sesuai pelaksanaan Asian Games. Dalam hal ini, test event dilakukan sebagai persiapan untuk mengevaluasi berbagai hal yang harus disiapkan pada pelaksanaan Asian Games 2018.

"Saya berharap bahwa dalam tes event ini kalau memang kemudian banyak masalah atau kemudian kesiapannya kurang, tes event ini memang dilakukan untuk itu," tambah Puan.

Menko PMK juga mengajak semua pihak mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan test event sejak dini agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.

Puan mengatakan sejauh ini baru ada delapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada test event karena cabang sepak bola masih belum memastikan keikutsertaan.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018