Biak (ANTARA News) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengemukakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan pembentukan Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III, yang akan bermarkas di Pulau Biak, Provinsi Papua.

"Saya melakukan kunjungan kerja ke Biak dalam rangka pelaksanaan program TNI yakni pembentukan Koopsau III di Pulau Biak," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam keterangan pers di Biak, Kamis.

Ia mengakui untuk mewujudkan pembentukan Koopsau III maka Mabes TNI harus menyiapkan berbagai sarana prasarana, utamanya markas komando serta fasilitas penunjang lainnya.

Panglima TNI berharap rencana pembentukan Koopsau III dapat terealiasi secepatnya sehingga akan menambah kekuatan TNI dalam mengawal dan menjaga kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia di Provinsi Papua dan Papua Barat.

"Saya minta doa dan dukungan dari masyarakat Biak sehingga program pengembangan Koopsau III dapat terealisasi dalam waktu dekat," ujarnya.

Sejauh ini, TNI AU memiliki dua komando operasi yakni Koops AU I mencakup wilayah Indonesia bagian barat yang meliputi seluruh Sumatra, Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Banten, Jakarta dan sebagian Jawa Tengah.

Koops AU I bermarkas di Halim Perdanakusumah Jakarta.

Sedangkan Koops II mencakup wilayah Indonesia bagian timur yang meliputi seluruh Sulawesi, Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, sebagian Jawa Tengah dan Papua.

Koopsau II bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan.

Komando ini mempunyai tugas yaitu pembinaan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan TNI AU dalam jajarannya, dan melaksanakan operasi-operasi udara dalam rangka penegakan kedaulatan negara di udara, mendukung penegakan kedaulatan negara di darat dan di laut.

Selain mengunjungi Biak, Panglima TNI bersama rombongan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, KSAD Jenderal TNI Mulyono, Wakasal dan pati Mabes TNI akan mengunjungi Sorong, Papua Barat.

"Untuk Sorong saya akan melihat juga persiapan untuk pembentukan Pasmar III, ya semua ini masih dalam penjajakan Mabes TNI," ujarnya.

Saat tiba di pangkalan udara STAB Manuhua Biak, rombongan Panglima TNI disambut dengan prosesi adat Mansorandak (injak piring adat) dipimpin tokoh adat Mika Ronsumbre dan Marthinus Randokir.

Ikut menjemput rombongan Panglima TNI, diantaranya Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George E. Supit, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Danrem 173/PVB Kolonel Inf Bachman, Guskamla Armatim, Danrem 173/PVB, Pangkosek Hanudnas IV, Danlanud Kolonel Pnb Fajar Adriyanto, Kapolres AKBP Rachmad Amsori SiK, Dandim 1708 Letkol Inf DC Somoukil serta Asisten 1 Sekda Biak Frits G Senandi.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018