Medan (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengajak para dokter yang tergabung dalam Persatuan Dokter Umum Indonesia ikut menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang telah dicanangkan pemerintah.

"Tentunya gerakan itu harus sama-sama kita sukseskan termasuk para tenaga kesehatan khususnya para dokter," katanya saat membuka Temu Ilmiah dan Kongres Nasional Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) di Medan, Sabtu.

Germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan Germas harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

Ia mengatakan untuk menyukseskan germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja, melainkan peran lembaga-lembaga non pemerintah termasuk PDUI yang merupakan tempat berhimpunnya para dokter umum sangat dibutuhkan dan menentukan.

"Dokter yang memang sangat berkaitan dengan kesehatan, tentunya jug amemiliki peran besar dalam upay amengajak masayrakat untuk membiasakan hidup sehat," katanya.

Sebelumnya Ketua UMUM Pengurus Pusat PDUI Dr Abraham Andi mengatakan, pihaknya selalu siap bergandengan tangan dengan siapa saja terutama dalam mensukseskan program Germas yang memang merupakan program pemerintah untuk membiasakan masyarakat hidup sehat.

"Kita tentunya juga memiliki tanggungjawab untuk mensukseskan program germas tersebut. Itu juga sesuai dengan tema kongres kali ini yakni Peran PDUI dalam pembinaan dan pengembangan kompetensi dokter umum untuk mensukseskan program JKN menuju Universal Health Coverege," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018