Slawi, Jawa Tengah (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mendukung penyelenggaraan turnamen uji coba ("test event") mandiri Asian Games 2018 oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia yang rencananya digelar pada Juni atau Juli 2018.

"Silakan saja PSSI melaksanakan itu," ujar Imam di sela kunjungan kerjanya di Slawi, Jawa Tengah, Kamis.

Yang penting, lanjut Imam, tujuan utama "test event" itu tercapai yaitu melihat kesiapan arena dan sumber daya manusia yang dilibatkan dalam Asian Games 2018.

"Harus bisa dipastikan semua sumber daya PSSI siap ketika Asian Games 2018 tiba," kata dia.

Adapun turnamen uji coba mandiri PSSI digelar setelah test event cabang olahraga sepak bola yang sedianya digelar pada Februari 2018 dipastikan batal, salah satunya karena jumlah peserta tidak mencukupi target dari Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC).

INASGOC sendiri sudah mempersilakan PSSI jika memang mau mengadakan turnamen mandiri di luar test event bersama di Februari 2018.

Namun, karena namanya mandiri, Deputi I Bidang Sport and Games Operation INASGOC Harry Warganegara kepada Antara di Jakarta, Selasa (23/1), menyebut pihaknya tidak mengambil andil dalam turnamen tersebut.

"INASGOC tidak setuju melangsungkan test event di bulan Juni atau Juli 2018 karena saat itu kami sudah harus fokus ke Asian Games 2018. Namun kalau PSSI mau membuat turnamen sendiri, silakan saja," ujar Harry.

"Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan pihaknya sudah menyiapkan test event mandiri di luar jadwal turnamen uji coba sepak bola Asian Games 2018, jika jumlah peserta uji coba yang rencananya digelar pada pertengahan Februari 2018 tidak sesuai target.

PSSI menginginkan agar uji coba mandiri itu digelar pada Juni atau Juli 2018 di stadion yang memang disiapkan untuk Asian Games 2018.

Bulan Juni atau Juli 2018 dipilih karena di masa itu renovasi stadion-stadion yang digunakan untuk Asian Games 2018 diperkirakan sudah selesai.

Sebagai informasi, arena kompetisi sepak bola Asian Games 2018 adalah Stadion Wibawa Mukti di Cikarang, Stadion Patriot Candrabhaga di Bekasi, Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Stadion Jalak Harupat di Kabupaten Bandung dan Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang.

"Yang namanya test event itu tidak hanya mengetes arenanya, tetapi juga sumber daya manusia, fasilitas pendukung, bagaimana transportasi dan perpindahan pemain, serta yang lainnya," tutur Joko.

Penyelenggaraan uji coba mandiri pada Juni atau Juli juga memberikan kesempatan bagi pelatih tim nasional Luis Milla untuk mempersiapkan tim dengan lebih matang.

"Milla juga bisa memilih calon lawannya sesuai kebutuhan. Untuk test event mandiri ini sistemnya tetap dengan empat negara peserta termasuk Indonesia. Meskipun dilaksanakan secara mandiri oleh PSSI, penyelenggaraannya tetap mengacu pada panduan dari INASGOC," kata Joko. 

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018