Jakarta (ANTARA News) - Ratusan ribu orang bergabung dalam unjuk rasa kaum perempuan di seluruh penjuru Amerika Serikat guna memprotes Presiden Donald Trump dan serangan seksual yang di antaranya ditudingkan kepada sang presiden.

Dalam unjuk rasa di lebih dari 250 kota di AS itu para demonstran mengutuk pandangan Trump terhadap imigrasi, aborsi, LGBT dan hak-hak wanita dalam tepat satu tahun pemerintahannya.

Adele, Natalie Portman, Scarlett Johansson dan Whoopi Goldberg menjadi beberapa selebritis yang turut dalam unjuk rasa yang juga menyuarakan kampanye antipelecehan seksual menyusul skandal Harvey Weinstein.

Banyak pengunjuk rasa yang membawa slogan berisi pesan-pesan anti-Trump seperti "Berita benar, presiden palsu", sedangkan di Oklahoma, demonstran meneriakkan, "Kita butuh pemimpin, bukan pencuit kejam!".  Trump memang paling gemar mencuit di Twitter.

Mengutip Sky News, unjuk rasa serupa juga digelar di berbagai kota di seluruh dunia. Hari ini juga kaum perempuan akan menggelar unjuk rasa di London.

Merespons gelombang demonstrasi ini, Trump kembali lari ke Twitter untuk menyampaikan cuitan bahwa "ini adalah hari yang sempurna bagi kaum wanita untuk berpawai merayakan tonggak bersejarah dan keberhasilan ekonomi luar biasa serta penciptaan kesejahteraan yang sudah terjadi dalam 12 bulan terakhir."



Pewarta: -
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018