Pemkab serahkan kendaraan bagi pengelola bank sampah

id bank sampah

Pekerja menyelesaikan pembuatan suvenir dari bahan daur ulang sampah di salah satu Bank Sampah di kawasan Harapan Baru, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/2/2017). Sampah yang disetor warga itu dimanfatkan menjadi suvenir, pupuk dan biji plastik guna mengurangi volume sampah dan sebagai pemanfaatan daur ulang sampah. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menyerahkan penghargaan berupa kendaraan operasional pengangkut sampah kepada pengelola Bank Sampah Bunga Gemilang dan Bank Sampah Budi Lestari.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, Sabtu, mengatakan pemberian penghargaan itu berdasarkan indikator keberhasilan mengelolah Bank Sampah bahkan dengan omset mencapai Rp20 juta/bulan.

"Bank Sampah Bunga Gemilang milik seorang guru honorer yaitu Herawaty memiliki omset Rp20 juta/bulan sedangkan Bank Sampah Budi Lestari atas nama Budi Santoso yang merupakan salah seorang personil Brimob memiliki omset Rp10 juta/bulan," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa jumlah warga yang menabung sampah kini semakin banyak, dan demikian juga dengan jumlah sampah yang masuk ke Bank Sampah.

"Dengan demikian lingkungan masyarakat akan semakin bersih, baik dan sehat, banyak sampah yang bisa didaur ulang serta mengurangi volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah," ujarnya.

Nelson berharap dengan kehadiran Bank Sampah dapat juga menurunkan jumlah sampah yang terbuang di daerah itu.

"Saya sudah meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup dan seluruh desa, pasar dan sekolah agar bisa melakukan hal serupa," ungkap dia.

Menurutnya, jika semua pihak melakukan itu, maka sampah tidak akan menjadi beban dan dapat berguna dan bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Pewarta : Adiwinata Solihin
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar