Surabaya (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mencatat sekitar 18.000 penumpang mudik melalui angkutan kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada liburan Natal tahun ini.

"Tercatat mulai 18 hingga 25 Desember, sebanyak 18.551 orang mudik melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada masa libur Natal 2017," kata Asisten Manajer Terminal Penumpang dan Roll On Roll Off (RORO) PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya Aji Joko Wibowo saat dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Jumlah tersebut meliputi penumpang yang turun mapun naik kapal melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Ia memerinci penumpang yang turun dari kapal di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tercatat 12.225 penumpang, sedangkan penumpang yang naik kapal melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sebanyak 6.326 orang.

Menurut dia, penumpang terbanyak di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tercatat pada tanggal 23 Desember sebanyak 7.909 penumpang terdiri atas 5.183 orang turun dari kapal dan 2.726 penumpang naik kapal ke berbagai tujuan.

Ia memastikan jumlah penumpang pada tanggal 23 Desember tersebut adalah puncak arus mudik pada musim liburan Natal tahun ini.

Pada hari Selasa (26-12-2017), kata Aji, terdapat satu keberangkatan kapal dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 12.00 WIB, yaitu KM Umsini tujuan Jakarta dengan jumlah penumpang hanya 13 orang.

"Hari ini juga terdapat kedatangan KM Egon dari Pelabuhan Kumai, Kalimantan Tengah, yang membawa 150 penumpang," katanya.

Menurut jadwal, KM Egon tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada pukul 12.00 WIB.

"Barusan saya dapat informasi kedatangannya tertunda pada pukul 19.00 WIB atau nanti malam karena cuaca ekstrem," kata Aji.

Arus mudik melalui kapal laut pada liburan Natal, kata dia, jumlah penumpang memang tidak terlalu signifikan seperti pada masa libur Lebaran.

"Kalau arus mudik pada masa libur Lebaran, jumlah penumpang secara keseluruhan bisa mencapai ratusan ribu orang. Akan tetapi, kalau arus mudik pada liburan Natal berjumlah 20.000-an penumpang," katanya.

Aji memprediksi puncak arus balik pada masa libur tahun baru di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terjadi pada tanggal 3 Januari 2018.

"Itu pun saya rasa jumlah penumpangnya secara keseluruhan untuk kedatangan dan keberangkatan tidak lebih dari 5.000-an orang," ucapnya.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017