Prodia dukung olahraga lari

id laboratorium kesehatan

Arsip: Petugas medis melakukan pengambilan sampel darah seorang pengunjung dalam kampanye program pemeriksaan kesehatan sejak dini Prodia, (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Perseroan Terbatas Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) berkomitmen mendukung kesehatan masyakarat, khususnya penggemar olahraga lari, antara lain menyediakan paket pemeriksaan bagi mereka.

"Produk ini kami sebut Marathon Fit Panel," kata Direktur Business and Marketing Prodia Indriyanti Rafi Sukmawati dalam siaran pers saat peluncuran paket itu di Jakarta, Minggu.

Indriyanti berharap layanan pemeriksaan kesehatan Marathon Fit Panel yang komprehensif dapat dimanfaatkan oleh para pencinta olahraga lari.

Ia menambahkan bahwa panel paket pemeriksaan kesehatan ini dilengkapi jenis-jenis pemeriksaan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelari.

Indriyanti memerinci jenis-jenis pemeriksaannya adalah General Body Check, Metabolic Check, Bone Health Check, Kidney Health Check, Liver Health Check, Electrolite, Thyroid Check, Physical Examination, dan konsultasi dokter.

Menurut dia, berlari maraton tanpa latihan, persiapan yang tidak matang dan kondisi tubuh yang kurang prima dapat membahayakan tubuh.

Oleh karena itu, kata dia, sebelum berlari maraton, pelari perlu memeriksakan kondisi kesehatannya terlebih dahulu agar dapat memastikan tubuhnya mampu berlari sejauh jarak yang akan diikuti.

"Layanan ini dapat dimanfaatkan para pelari di Prodia Health Care (PHC) untuk mempersiapkan kondisi tubuh yang sehat menjelang dilakukannya maraton," katanya.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Rachmat Wishnu Hidayat menjelaskan bahwa olahraga lari merupakan aktivitas berat yang membutuhkan persiapan matang dan fisik yang prima.

"Pemeriksaan awal menjadi penting agar pelari dapat mencapai finis tanpa mengalami masalah kesehatan, seperti jantung, dehidrasi, cedera otot, dan kehilangan kesadaran," katanya.

Pewarta : Edy Sujatmiko
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar