Arus mudik Natal di Nunukan mulai meningkat

id mudik natal,km bukit siguntang,km lambelu,km egon,tki

Dokumentsi Arus Mudik Natal Dan Tahun Baru. Penumpang memadati KM. Marina Bay I dan KM. Venecian di pelabuhan Calaca, Manado, Sulawesi Utara, Senin (21/12/2015). Jelang H-4 hari raya Natal, pelabuhan yang melayani rute penyeberangan ke kepulauan Talaud, Sangihe, Siau dan Tahuna dengan menggunakan kapal motor cepat mulai dipadati ribuan penumpang yang ingin merayakan Natal dan tahun baru di kampung halaman. (ANTARA FOTO/Adwit B Pramono)

Nunukan (ANTARA News) - Arus mudik menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mulai meningkat sejak sepekan terakhir.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kabupaten Nunukan Agus Subagyo di Nunukan, Sabtu membenarkan adanya peningkatan jumlah penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Nunukan sejak sepekan terakhir.

Penumpang arus mudik Hari Natal sebagian besar tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Negeri Sabah, Malaysia dengan tujuan Sulsel, Sulbar dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ia mengatakan, peningkatan penumpang dibandingkan hari-hari biasa di pelabuhan itu sekitar 20 persen baik kapal milik PT Pelni maupun kapal swasta.

Pemberangkatan armada angkutan laut di Kabupaten Nunukan sebanyak lima unit masing-masing tiga armada milik PT Pelni yakni KM Bukit Siguntang, KM Lambelu dan KM Egon.

Ditambah dua unit kapal swasta yaitu KM Thalia dan MV Cattleya.

Peningkatan penumpang arus mudik Hari Natal ini mulai terjadi akibat masa pelayaran yang cukup lama menuju NTT sehingga TKI asal daerah itu mulai pulang kampung merayakan hari besarnya bersama sanak keluarga.

Meskipun puncak arus mudik Natal diprediksi Senin (18/12), namun lonjakan penumpang mulai tampak sejak Senin (11/12). "Penumpang arus mudik yang sekarang masih didominasi asal NTT," ujar dia.

Pewarta : Muhammad Rusman
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar