Puting beliung landa Magetan, puluhan rumah rusak

id puting beliung,magetan

Foto dokumen: Atap rusak akibat puting beliung. (FOTO ANTARA/Ari Bowo Sucipto/K)

Magetan (ANTARA News) - Bencana angin puting beliung melanda sebagian wilayah Kabupaten Magetan, Jawa Timur, hingga mengakibatkan puluhan rumah warga rusak dan sejumlah pohon tumbang pada Sabtu (16/12) sore.

Puting beliung yang bertiup kencang pukul 16.20 WIB itu melanda Desa Taji, Ginuk, dan Temboro, Kecamatan Karas. Sejumlah pohon tumbang di jalan Desa Ginuk menuju Kendal, Ngawi, sebagian di antaranya menutup akses jalan dan lainnya menimpa rumah warga, kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Fery Yoga Saputra.

"Menurut laporan dari tim kami yang ada di lapangan, ada puluhan rumah yang gentengnya beterbangan terbawa angin. Hingga saat ini, kami masih terus melakukan pendataan jumlah rumah terdampak dan besarnya kerugian," kata Fery.

Ia menambahkan akibat bencana angin puting berliung tersebut, aliran listrik PLN terputus karena jaringan kabel tertimpa pohon.

"Guna mempercepat evakuasi sejumlah pohon tumbang yang menutup jalan, tim gabungan menggunakan alat berat untuk menyingkirkan pohon yang cukup besar di jalan Ginuk, Magetan menuju Simo Kendal, Ngawi," jelasnya.

Menurutnya, petugas BPBD, Tagana, Dinas Sosial, Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (PUPR), TNI, Polri bersama masyarakat melakukan penanggulangan dengan bekerja bakti.

Selama sekitar dua jam sejak pukul 15.20 WIB sebagian wilayah Magetan turun hujan deras disertai angin.

Pewarta : Louis Rika Stevani
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar