... tercermin dari panjang pantainya yang terbentang hingga 842,6 kilometer...
Cirebon, Jawa Barat (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengklaim sebagai wilayah yang memiliki potensi kemaritiman besar sehingga menempati peran strategis dalam pembangunan Indonesia.

"Jawa Barat punya potensi kemaritiman besar yang tercermin dari panjang pantainya yang terbentang hingga 842,6 kilometer," kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, pada Hari Nusantara 2017,     di Pelabuhan Muara Jati Cirebon, Rabu.

Aher, sebagaimana ia kerap disapa, menjelaskan Jawa Barat juga memiliki hak atas pengelolaan sumber daya perikanan hingga 12 mil di dua wilayah pengelolaan perikanan yakni di selatan Jawa Barat dan di Laut Jawa.

Kekayaan kemaritiman itu juga termasuk potensi kekayaan energi dan mineral di kolong laut dan di bawah dasar laut.

"Dengan ditetapkannya rencana pembangunan Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, tentunya ini akan semakin memperkuat peran Jawa Barat dalam pergerakan ekonomi kemaritiman nasional sehingga tak ada pilihan lain bagi kami selain memberikan dukungan terhadap agenda pembangunan infrastruktur strategis nasional itu," tuturnya.

Lebih lanjut, Aher menyebut meski provinsi yang dipimpinnya bukan wilayah kepulauan, peran dan kontribusinya dalam ekonomi kemaritiman akan dapat menempati posisi penting dan strategis bagi pembangunan nasional.

Ia mengakui adanya kendala dan hambatan yang masih harus dihadapi mulai dari armada perikanan yang masih didominasi kapal berukuran kecil, lemahnya akses permodalan nelayan hingga kerusakan lingkungan di wilayah pantai yang terus meningkat.

"Untuk itu, program bantuan sarana dan prasarana bagi nelayan, perbaikan sarana dan prasarana serta bantuan perikanan dan upaya rehabilitasi pantai dan pesisir terus kami lakukan dengan memanfaatkan APBN, APBN hingga dana investor," katanya.

Aher berharap perhatian yang diberikan kepada masyarakat kecil dapat mendorong peningkatan ekonomi di wilayah tersebut. Sinergi program dan kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam pembangunan ekonomi kemaritiman juga diharapkan akan semakin kuat.

"Hanya dengan itu, berbagai permasalahan yang kita hadapi saat ini akan dapat kita atasi sebaik-baiknya," katanya. 

Pewarta: Ade Junida
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017