Bandung (ANTARA News) - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, mengajak komunitas media sosial Kota Bandung, Jawa Barat, berperan aktif dalam membuat konten positif seiring maraknya ujaran kebencian yang beredar di dunia maya.

"Kita harus melawan hal-hal yang dapat memecah belah persatuan Indonesia. Dengan konten-konten positif, dapat mengedukasi pengguna internet lainnya," ujar Zulkifli saat menggelar acara Ngobrol Bareng MPR RI Bersama blogger dan warganet di Bandung, Senin.

Menurutnya, dengan banyaknya konten-konten negatif di internet membuat kondisi Indonesia bisa terpecah-belah, sehingga perlu adanya langkah untuk melawan hal itu. Salah satunya menciptakan pesan-pesan damai di media sosial.

Zul mengatakan peranan media sosial saat ini sangat penting. Setiap orang dari belahan dunia dapat mengakses di mana pun dan kapan pun, termasuk aktifitas di sebuah negara.

Apabila negara dalam kondisi terpecah-belah, maka dikhawatirkan akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan lain.

"Makanya kita mengundang netizen dan blogger untuk mengajak mari kita akhiri kebencian. Kita saudara sebangsa setanah air. Gunakanlah ke energi positif jangan energi negatif," katanya.

Tak hanya itu, Zulkifli juga berpesan agar penggunaan internet dapat menjadi alat penyadaran atau edukasi bagi masyarakat.

Banyak warga yang selalu menyalahkan pemerintah apabila terjadi persoalan. Namun di sisi lain, beberapa masalah harusnya dapat diselesaikan melalui gerakan masyarakat itu sendiri.

"Seperti sampah, masyarakat di media sosial selalu menyalahkan wali kota, padahal itu kewajiban masyarakat sendiri. Tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, tapi melibatkan semuanya," katanya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017