Mojokerto (ANTARA News) - Sebanyak 29 elemen dari unsur kiai dan organisasi kemasyarakatan mendeklarasikan diri untuk mendukung kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistiyanto Dardak dalam Pilkada Jatim 2018.

Di Institut KH Abdul Chalim, Pacet Mojokerto, Minggu, Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistiyanto Dardak mengatakan, dalam kesempatan itu dirinya meminta restu dan doa mendampingi Khofifah untuk memajukan Jawa Timur.

"Peraturan perundang undangan memungkinkan saya untuk tetap mengabdi di Trenggalek sampai pengabdian di Jawa Timur dimulai. Insya Allah saya tidak meninggalkan Trenggalek. Karena saya masih bertugas di Trenggalek sampai tahun ke empat," katanya dalam kesempatan tersebut.

Ia mengemukakan, amanah dari warga tenggalek tersebut tidak akan ditinggalkan dan dirinya akan memimpin sampai dengan pelaksanaan pemilihan Gubernur Jawa Timur.

"Karena itu dalam aturan perundangan saya tidak perlu mundur, karena esensinya jika maju memimpin Jatim akan melayani masyarakat yang sama," katanya.

Menurutnya, kesediannya mendampingi Ketua PP Muslimat NU ini dilandasi sejumlah pemikiran Khofifah yang inovatif di sejumlah bidang khususnya pemberdayaan umat dan pengentasan kemiskinan.

"Jadi banyak sekali inovasi beliau (Khofifah). Dan kelihatannya disini titik temunya kami akan sama-sama terbuka dengan gebrakan-gebrakan baru untuk bisa melakukan layanan publik," ucapnya.

Ia menceritakan, sejumlah capaian ditorehkan Emil untuk Trenggalek selama dua tahun kepemimpinannya seperti rencana pembanguna pelabuhan di pantai Prigi, dukungan anggaran untuk pembangunan jalur lintas selatan dan sejumlah perbaikan infrastruktur.

"Jangan dilihat dari `vote gatter` saja. Jika hanya melihat dari sisi `vote gatter`, hanya (melihat) masalah menang atau kalah. Kami harus melihat bagaimana ini bisa jadi platform untuk bangun Jatim jadi lebih baik ke depannya. Saya rasa bukan melihat saya dari mataraman, tapi melihat bagaimana saya bisa membawa perspektif wilayah pembangunan yang sudah terjalin selama ini ke dalam platform pembangunan jatim untuk 2019 berikutnya," ujarnya.

Dalam deklarasi yang dihadiri sekitar 500 peserta tersebut juga dihadiri oleh Arumi Bachsin yang cukup menarik perhatian peserta. Sejumlah perempuan yang hadir langsung merapat untuk meminta foto bersama.

Elemen masyarakat yang mendukung kemenangan ini di antaranya adalah, PMII, Pergunu, Kiai, Santri, Kaki Majapahit, Korps PMII Putri, Sahabat Khofifah, Alumni Amanatul Ummah.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017