Jakarta (ANTARA News) - Politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sabam Sirait mengatakan politik negara menentukan arah dan tujuan dari bangsa dan negara, untuk itu diperlukan adanya sekolah mengenai politik.

"Politik menentukan arah dan tujuan dari bangsa ini. Oleh karena itu jangan ijinkan wajah lama dalam menentukan masa depanmu, masa depan kita, masa depan saudara. Kita boleh berbeda pendapat tetapi kita jugalah yang menentukan masa depan bangsa ini, bangsa Indonesia," ujar Sabam di Jakarta, Minggu.

Sabam menekankan pentingnya peranan apa yang mau diambil dalam berpolitik, karena peranan partai politik di Indonesia, sangat penting.

"Kalau ada partai politik, berarti peranan partai politik itu penting," kata dia.

Ia menceritakan pada 1964, saat menjadi Sekjen Parkindo dirinya telah membuat sekolah kader Parkindo di Jatinegara. Jadi Parkindo lahir itu bukan dari keinginan Sabam, melainkan Parkindo lahir karena ada pembicaraan di Konstituante lembaga MPR berdasarkan UUD Sementara tahun 1950.

Pemilu tahun 1955 menghasilkan pimpinan DPR yang mana wakil ketua DPR pertama adalah dari Partai Parkindo. Kader-kader Parkindo saat itu cukup pandai yaitu salah satunya AM Tambunan.

Perjalanan Parkindo sebagai parpol saat itu cukup panjang dan naik turun. Parkindo tahun 1973 bersatu dengan PDI. PDI adalah gabungan dari 5 partai politik diantaranya PNI, Parkindo, Partai Republik, IPKI dan Murba.

Ia bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terlibat bersama membentuk partai PDI Perjuangan.

"Secara khusus Parkindo dalam sejarahnya mengambil peranan yang besar dalam program pendidikan bangsa ini, walaupun tidak pernah kadernya menjadi Menteri Pendidikan saat itu, tetapi orang-orang Parkindo diseluruh Indonesia mengambil peranan aktif dalam pendidikan," jelas Ketua Dewan Pembina Yayasan Komunikasi Indonesia (YKI).

Mengingat pentingnya politik, Sabam kemudian mendirikan Sekolah kader Ekumenis-Nasionalis yang berlokasi di Yayasan Komunikasi Indonesia Jalan Matraman Raya no 10 A, Jakarta Timur.

Kegiatan sekolah kader tersebut merupakan kerja sama antara Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan YKI dalam rangka merekrut kader terbaik dari berbagai latar belakang, baik itu profesi, suku, dan lembaga.

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly mengatakan sekolah politik sangat diperlukan untuk menjawab tantangan zaman.

"Ini merupakan medium yang menjawab tantangan zaman, dimana penguatan kader-kader untuk bersatu mendapat pencerahan dan penguatan untuk menjadi kader yang tangguh kedepannya," kata Yasona.

(T.I025/R010)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017