Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Australia Selatan akan meluncurkan teknologi yang memungkinkan surat izin mengemudi (SIM) berubah menjadi bentuk digital mulai Oktober 2017.

Tersedia bagi siapa saja di Australia Selatan dengan izin belajar mengemudi, lisensi kendaraan sementara, lisensi penuh, atau lisensi kendaraan berat, fitur baru tersebut opsional dan bisa diakses melalui aplikasi smartphone mySA GOV.

Sidik jari, proteksi PIN dan barcode yang melakukan refresh setiap 30 detik, merupakan beberapa pengamanan yang digunakan untuk menangkal lisensi palsu, menurut warta Car Advice.

Strategi ini telah diterapkan untuk beberapa izin lainnya di Australia Selatan, termasuk kartu bukti usia, lisensi kapal dan registrasi kendaraan.

Berkat tampilan lisensi secara real-time, izin yang telah kadaluarsa atau ditangguhkan akan muncul pada salah satu bagian untuk menunjukkan statusnya berupa warna oranye atau merah, dan barcode tidak akan muncul sehingga tidak bisa divalidasi.

Ada juga fitur "goyangkan untuk bergerak" yang membantu mengidentifikasi bahwa lisensi yang ditunjukkan bukan foto atau tangkapan layar (screenshot).

Untuk menggunakan lisensi digital, pengguna harus mendaftar ke akun MySA GOV dan memverifikasi identitas mereka sebelum strategi baru ini mulai berlaku bulan depan.

Pengumuman tersebut menyusul langkah serupa oleh Transport for New South Wales (NSW), yang baru-baru ini mengumumkan uji lisensi digital untuk penduduk Dubbo mulai November, dengan seluruh negara bagian berencana menggunakan terobosan baru itu pada 2019.

Penerjemah: Try Reza Essra
Copyright © ANTARA 2017