Adolm bagus bermain bertahan, dia sabar, dan itu cukup mencegah lawan mendapatkan poin."
Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kontingen Indonesia semakin tertinggal dari Thailand dalam pengumpulan medali Pesta Olah Raga Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (SEA Games) 2017 sampai Kamis (24/8), di Kuala Lumpur, Malaysia.

Indonesia yang sempat terpaut tipis satu medali emas hingga akhir hari keempat SEA Games, Rabu (23/8), kini tertinggal lima medali emas dari Thailand.

Indonesia pada hari keenam SEA Games mendapat tambahan 4 emas, 7 perak dan 8 perunggu, sehingga kini mengumpulkan 19 emas, 23 perak dan 49 perunggu.  Adapun Thailand dengan 24 emas, 43 perak dan 45 perunggu.

Sementara itu, tuan rumah Malaysia tetap tak terkejar dengan 62 emas, 24 perak, 36 perunggu, disusul Vietnam 34 emas, 24 perak, 29 perunggu di tempat kedua, Singapura dengan 33 emas, 29 perak, 34 perunggu di urutan ketiga..

Indonesia menambah medali emas dari cabang tinju lewat Aldoms Suguro di kelas 52kg putra, cabang bulu tangkis lewat kemenangan tim putra, renang 200m gaya perorangan putra dari Triady Fauzi Sidiq, atletik lewat 10.000m putri dari Triyaningsih.

"Aldoms itu anak yang cerdas, dia mau mengikuti instruksi pelatih, dan itu yang menjadi kunci kemenangan dia merebut medali emas," kata pelatih Adi Swandana di Kuala Lumpur Malaysia, Kamis.

Menurut dia, strategi double cover yang dilakukan petinju itu sudah benar untuk mematahkan lawan.

"Adolm bagus bermain bertahan, dia sabar, dan itu cukup mencegah lawan mendapatkan poin," katanya menambahkan.

Aldoms Sugoro persembahkan medali emas pertama cabang tinju setelah dalam final kelas 52kg dengan mengalahkan petinju Thailand Tanes Onjunta.

Dalam pertarungan tiga ronde itu, Aldoms sukses memperdaya lawan dengan double cover yang dilakukannya.

"Pelatih memamg menyuruh saya untuk main bertahan lewat double cover," kata Aldoms seusai bertanding di Mitec, Malaysia itu.

Ia menambahkan, "Kunci kemenangan saya adalah bermain tenang sesuai perintah pelatih."

Tim Merah-Putih juga mendapat medali perak SEA Games dari cabang; Pencak Silat nomor ganda putra (Hendy dan Yola Primadona Jampil), karate kata tim putra, tinju 64kg atas nama Sarohatua Lumban Tobing, boling dari tim putra, renang 100m gaya punggung dari I Gede Siman Sudartawa, squash nomor Jumbo Doubles atas nama Ade Furqon dan Aguang Wilant.

Sementara Indonesia juga kebagian perunggu dari: bulu tangkis tim putri, tinju kelas -75kg Richard Oscar Laim, karate kumite tim putra, squash Jumbo Doubles a.n. Catur Yuliana dan Irma Maryani, renang 100m gaya dada putri atas nama Anandia Treciel Vanessae Evato, renang 200m gaya ganti perorangan putri Ressa Kania Dewi, biliar 9 bola berpasangan atas nama Arun dan Jefri Zein.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017