... segala bentuk tindakan kekerasan bertentangan dengan ajaran agama...
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal PB Nahdlatul Ulama, Helmy Zaini, mengatakan, teror di Barcelona, Spanyol, mencederai kemanusiaan.

"Kami mengajak seluruh masyarakat dan komunitas dunia untuk terus menggalang solidaritas kemanusiaan sekaligus menolak segala bentuk kekerasan dan terorisme," kata dia, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, segala bentuk tindakan kekerasan bertentangan dengan ajaran agama. 

Segala hal yeng mengandung kekerasan, kata dia, sesungguhnya bertentangan dengan ajaran Islam bahkan bertentangan dengan ajaran agama apapun.

Gerakan terorisme, lanjut dia, sudah sedemikian merajalela. Diperlukan penanganan khusus yang intensif dari berbagai pihak, utamanya dari para pemimpin dunia untuk bersatu padu melawan gerakan terorisme.

"Kami juga mengajak kepada seluruh elemen pemimpin dunia untuk proaktif melawan gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme yang sangat nyata," kata dia.

Sedikitnya 13 orang tewas dan 50 lain-lain luka-luka dalam serangan teroris di Barcelona, pukul 17.00 waktu setempat Kamis (17/8).

Seorang pria 20 tahunan mengendarai mobil van putih dengan kecepatan tinggi sepanjang beberapa ratus meter ke arah Las Ramblas, berusaha menabrak sebanyak mungkin orang.

Las Ramblas merupakan daerah padat wisatawan yang terkenal di Barcelona, kota asal arsitek modernisme ternama dunia, Antoni Gaudi. 

Otoritas keamanan Spanyol mengklaim telah menahan seorang pria yang terlibat dalam aksi teror tersebut. 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017