Ketika memutuskan untuk memiliki mobil, orang harus berpikir dana apa saja yang sekiranya dibutuhkan agar anggaran tidak membengkak, terlebih ketika membeli mobil secara kredit.




Lima kiat mengelola keuangan ketika memiliki mobil:




1.  Pembayaran angsuran (kredit mobil)

Jika Anda memilih untuk membeli mobil secara kredit jangan lupa untuk mengalokasikan dana setiap bulannya untuk memenuhi cicilan mobil yang belum selesai dibayar.




2. Biaya perawatan mobil

Jangan lupa menyiapkan biaya untuk perawatan mobil, baik berupa perawatan berkala maupun kecil seperti membawa mobil ke salon mobil untuk sekadar dicuci ataupun ganti oli.




3. Biaya administrasi

Biaya administrasi yang mencakup pembuatan surat-surat mobil dan SIM merupakan hal yang sangat penting. Biaya pajak kendaraan yang harus dibayarkan setiap tahun, perpanjangan STNK, SIM, dan penggantian pelat nomor setiap lima tahun sekali juga harus diperhitungkan.




4. Biaya operasional

Biaya operasional yang dimaksud adalah seperti biaya tol, biaya bahan bakar, dan juga biaya parkir. Hal ini patut diperhitungkan karena biaya ini akan rutin dikeluarkan setiap hari.




5. Biaya perlindungan aset

Untuk melindungi aset, gunakanlah asuransi. Asuransi mobil dapat melindungi Anda dari risiko buruk yang mungkin terjadi, serta membantu keuangan tetap stabil.




Carilah informasi mengenai asuransi mobil yang memberikan berbagai kemudahan layanan, jangan tergiur dengan premi murah. Lalu pertimbangkan juga kelebihan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.




Garda Oto merupakan asuransi mobil dari Asuransi Astra yang menawarkan kemudahan dalam setiap layanan yang diberikan. Melihat inovasi-inovasi yang ditawarkan oleh Asuransi Astra seperti adanya Garda Mobile dengan kemudahan akses melalui smartphone, Garda Siaga dan Garda Akses yang siap 24/7, juga Garda Center yang dapat ditemukan di banyak pusat perbelanjaan di Indonesia menunjukkan bahwa Asuransi Astra selalu memberikan yang terbaik untuk pelanggannya.




Itu tadi lima kiat dari Asuransi Astra untuk mengelola keuangan ketika Anda memiliki mobil. Semoga bermanfaat!




ADVERTORIAL

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017