Ternate (ANTARA News) - Tradisi gendang sahur adalah tradisi membangunkan warga untuk bangun sahur, yang biasanya dilakukan oleh sekelompok remaja dengan cara berkeliling kampung dari rumah ke rumah sambil menyanyikan lagu-lagu Islami dengan iringan tabuhan rebana dan alat musik tradisional lainnya.

"Tradisi gendang sahur ini dilakukan mulai pukul 03.00 WIT hingga menjelang imsak dan biasanya warga yang terbangun setelah mendengar gendang sahur memberikan sesuatu kepada kelompok remaja yang melakukan tradisi gendang sahur, biasanya berupa uang," ujar H. Ali Conoras.tokoh masyarakat di Ternate, Kamis.

Sedangkan tradisi ela-ela adalah tradisi menyambut turunnya malam lailatul qadar, yang biasanya di Ternate dilaksanakan pada malam 27 Ramadhan dengan cara membakar obor atau lampion di depan rumah warga.

Menurut H. Ali Conoras, tradisi ela-ela dengan cara membakar obor dan lampion itu merupakan simbol kegembiraan masyarakat atas turunnya lailatul qadar serta mengharapkan setiap warga di daerah ini bisa mendapatkan keberkahan lailatul qadar.

Pewarta: La Ode Aminuddin
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017