Kerugian dari kejadian sembilan kali bencana itu diperkirakan mencapai Rp300 juta."
Karawang (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang, Jabar, mencatat telah terjadi sembilan kali bencana angin puting beliung di Karawang selama dua bulan terakhir sejak Januari hingga pertengahan Februari 2017.

"Puting beliung itu terjadi di sejumlah desa sekitar Karawang," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat Supriatna di Karawang, Kamis.

Berdasarkan data BPBD Karawang, sembilan bencana puting beliung tersebut di antaranya terjadi di Desa Sukasari Kecamatan Cibuaya, Desa Tanjungbungin Kecamatan Pakisjaya, serta terjadi di Desa Kutapohaci Kecamatan Ciampel.

Selain itu, juga terjadi di Desa Pasirmukti Kecamatan Telagasari, Desa Kendaljaya Kecamatan Pedes, Desa Kiara Kecamatan Cilamaya Kulon, serta di Desa Talunjaya Kecamatan Banyusari.

Dua desa lainnya yang telah terjadi puting beliung selama Januari hingga pertengahan Februari 2017 ialah di Desa Muara dan Desa Tegalwaru Kecamatan Cilamaya Wetan.

Supriatna mengatakan, dari peristiwa sembilan kali bencana puting beliung itu terdapat 29 unit rumah yang mengalami kerusakan, mulai dari rusak berat hingga rusak ringan.

"Kerugian dari kejadian sembilan kali bencana itu diperkirakan mencapai Rp300 juta," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017