Jakarta (ANTARA News) - Pengguna internet dapat memanfaatkan sejumlah fitur, alat, berbasis website saat mencari informasi agar apa yang didapat terverifikasi kebenarannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika mencari informasi di dunia maya, seperti yang diberikan oleh Irene Jay Liu, pelatih dari Google News Lab, Kamis.

1. Optimalkan kata kunci
Saat mencari data, optimalkan kata kunci untuk mendapatkan sumber informasi dari tempat terpercaya, misalnya website resmi kementerian. Ketik kata kunci, misalnya "vaksin palsu site:.go.id" di kolom pencarian untuk mendapatkan informasi mengenai vaksin palsu dari situs resmi pemerintahan.

2. Cek gambar
Ada kalanya penjelasan yang menyertai sebuah foto tidak sesuai dengan kejadian asli. Atau, foto tersebut bisa juga merupakan hasil editan. Untuk mengecek keaslian foto dalam sebuah informasi, manfaatkan mesin pencari foto, misalnya Google Image.

Tarik dan lepas foto yang ingin dicari di kolom pencarian atau klik kanan dan copy URL gambar saat membuka sebuah situs. Hasil pencarian akan menunjukkan situs apa saja yang memuat foto tersebut dan juga foto yang mirip.

3. Cek narasumber
Anda dapat memanfaatkan situs media sosial seperti Twitter atau Facebook untuk melihat kredibilitas narasumber yang dikutip dalam informasi. Bila ingin melihat perjalanan profesional narasumber, situs profesi seperti Linkedin juga akan membantu memberikan informasi di mana ia bekerja, jabatan serta pendidikan yang pernah diikuti.

4. Cek situs
Pastikan situs yang diakses adalah situs yang terpercaya. Bila masih ragu, manfaatkan situs seperti whois.net, godaddy, untuk melihat orang atau organisasi di balik website tersebut, antara lain data administratif seperti alamat pendaftaran situs tersebut.

(Baca: Hindari hoax, cek sumber berita di situs ini)

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017