Walaupun kita hidup di antara perbedaan suku, ras dan agama, tapi kita harus menjunjung toleransi
Bandung (ANTARA News) - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dihadapan puluhan ribu umat Muslim yang hadir di acara Doa Bersama 1212 dan Milad Ke-26 Pesantren Daarut Tauhid di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Senin, mengatakan Islam adalah agama yang memberikan rahmat untuk seluruh umat manusia.

"Islam adalah agama rahmatan lil alamin, memberikan rahmat bagi semua manusia, tidak membedakan suku agama dan ras. Islam bukan untuk orang Sunda, Jawa, Papua, tapi untuk semua umat manusia," kata Kapolri yang langsung disambut oleh gema takbir dari warga yang hadir di acara tersebut.

Ia berharap seluruh umat Muslim yang taat kepada Allah SWT agar bisa betul-betul meyakini agama Islam sebagai rahmat untuk seluruh umat manusia.

"Walaupun kita hidup di antara perbedaan suku, ras dan agama, tapi kita harus menjunjung toleransi. Islam itu bukan untuk orang pribumi atau keturunan tertentu tapi Islam itu untuk seluruh umat manusia," kata dia.

Kapolri juga mengajak seluruh umat Muslim untuk menghormati Perayaan Hari Raya Umat Kristiani yakni Natal yang akan berlangsung dalam beberapa hari lagi.

"Sebentar lagi ada Natal dan Tahun Baru, saya titip pesan lakum dinukum waliyadin. Jadi silakan kita melaksanakan kegiatannya sesuai kepercayaan dan agama kita masing-masing. Kita jaga toleransi," kata dia.

Pada kesempatan tersebut, ia mengaku takjub dengan pelaksanaan Doa Bersama 1212 dan Milad Ke-26 Pesantren Daarut Tauhid yang berlangsung aman, lancar dan menyejukkan.

"Jadi membandingkan dengan doa bersama 212, hari ini udaranya sejuk. Kalau kemarin di Jakarta udaranya panas kemudian hujan. Di sini sejuk acaranya sejuk. Saya berharap sebagi polisi, mudah-mudahan Indonesia bisa sejuk seperti Bandung," kata dia.

Selain itu, Kapolri juga membagikan hadiah umroh untuk 10 orang warga yang beruntung di acara Doa Bersama 1212 di Lapangan Gasibu Bandung. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016