Bandarlampung (ANTARA News) - Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar memberhentikan M Alzier Dianis Thabranie selaku Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Lampung.

Perihal pergantian tersebut tertuang dalam Surat Keputusan DPP Partai Golkar bernomor 149/DPP GOLKAR/9/2016 tentang pemberhentian dan penunjukan Plt DPD Partai Golkar Lampung kepada Ketua Koordinator Bidang Kajian Strategi dan SDM DPP Partai Golkar Letnan Jendral (Purn) Lodewijk Friedrich Paulus yang telah beredar di kalangan wartawan di Bandarlampung, Kamis.

Surat yang ditandatangani Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto dan Sekretaris Jenderal Idrus Marham tertanggal 8 September 2016 itu, telah pula beredar di jejaring sosial atau whatsapp dan blackberry mesengger (BBM) di daerah ini.

Sejumlah pihak membenarkan adanya surat pemberhentian Alzier tersebut.

Dalam surat tersebut tertulis bahwa Plt Ketua DPD I Golkar Lampung adalah Lodewijk Friedrich Paulus yang akan dibantu oleh Wakil Sekjen Pemenangan Pemilu Sumatera III Ariyadi Achmad untuk mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) Partai Golkar Lampung.

Sejumlah akun media sosial kader Partai Golkar Lampung, seperti pada akun Jhony Corne menuliskan, "Insya Allah perubahan Partai Golkar Lampung segera terwujud."

Namun Ali Imron, anggota DPRD Lampung dari Partai Golkar yang dikenal dekat dengan Alzier Dianis Thabranie, saat dihubungi tidak memberikan keterangan lebih lanjut terkait telah beredar surat pemberhentian Alzier tersebut.

Surat keputusan pemberhentian Alzier tersebut dibantah oleh Wakil Ketua DPD I Golkar Lampung Riza Mihardi. Menurut dia, seluruh kader DPD Golkar dari 15 kabupaten/kota di Lampung tetap solid dan mengakui kepemimpinan Alzier Dianis Thabranie.

"Jangan berandai-andai, karena saat ini semua masih percaya Alzier Dianis Thabranie adalah ketua yang sah," kata Riza pula.

Sementara itu, ada juga kader partai itu yang memang tidak mau mengetahui apakah memang benar ADT akan diganti. "Saya tidak mau dengar isu. Itu hanya isu saja yang beredar, karena secara administratif belum ada surat dari DPP untuk mengganti kepemimpinan Alzier," kata Ketua Harian DPD I Golkar Lampung I Made Bagiasa.

Menurut informasi, dalam waktu dekat Pengurus Partai Golkar Pusat akan datang ke Lampung untuk menyampaikan keputusan pemberhentian Alzier tersebut.

(T.B014/S023)

Pewarta: Budisantoso B & Agus S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016