Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meluncurkan Hari Nusantara 2016 sebagai momentum untuk menegaskan tujuan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Sementara penyelenggaraan puncak acara Hari Nusantara 2016 yang tahun ini mengangkat tema "Tata Kelola Potensi Maritim Nusantara yang Baik Menuju Poros Maritim Dunia" akan berlangsung di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 13 Desember 2016.

Acara yang mengusung subtema "Dari Lembata Nusa Tenggara Timur Membangun Potensi Maritim Nusantara" juga bertujuan untuk mengubah stigma Bangsa Indonesia mengenai ruang hidup dari darat menjadi laut, menjadikan bidang kelautan dan pariwisata sebagai arus utama pembangunan nasional, serta mempercepat pembangunan infrastruktur daerah NTT.

"Sebagai destinasi prioritas, pembangunan infrastruktur dan promosi pariwisata NTT kita gencarkan termasuk manfaatkan momentum Hari Nusantara tahun ini, untuk mendukung target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 270 juta wisatawan nusantara pada 2019," kata Menpar Arief Yahya di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin.

Menpar mengatakan Provinsi NTT yang mempunyai Labuan Bajo, salah satu destinasi prioritas menjadi "10 Bali Baru", juga memiliki potensi alam, budaya, dan daya tarik buatan manusia yang kuat.

Ia mencontohkan Pulau Komodo sebagai destinasi kelas dunia dan tradisi berburu paus di Lamalera, Kabupaten Lembata, yang menarik wisatawan dunia.

"Kabupaten Lembata juga menjadi titik labuh favorit bagi wisatawan yachter dunia dan tren kunjungan yacht ke NTT terus meningkat," tambahnya.

Selain itu, Menpar menjelaskan kunjungan wisatawan ke NTT pada 2015 mencapai 2,8 juta, sedangkan yang berkunjung ke Kabupaten Lembata mencapai sekitar lima ribu wisatawan, termasuk 1000 wisman yang merupakan yachter dunia.

"Nanti para yachter dari Lithuania, Amerika Serikat, Jerman, Filipina, Australia, Belanda, Perancis, Inggris, dan Selandia Baru, kita undang dalan acara Wonderful Sail 2 Indonesia sebagai core event Hari Nusantara 2016," kata Menpar.

Hari Nusantara 2016 akan disemarakkan dengan parade kapal, olahraga bahari, perburuan paus, serta berbagai festival bahari termasuk Wonderful Sail 2 Indonesia.

Menurut dia, para wisatawan yang menghadiri kegiatan itu akan mebikmati obyek wisata NTT, di antaranya Bukit Doa Watomiten, Bukit Cinta, Kuma Resort Waijarang, Pantai Jontona, Fosil Paus Biru di Desa Watodiri Jontona yang terdampar pada 2008, serta budidaya kerang mutiara di Waienga, Lebatukan.

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016