Di sana kami mengetahui bahwa di Mekah sendiri seperti layaknya di Indonesia, dimana juga ada masyarakat memeluk agama selain Islam, sehingga berangkat dari situlah kami belajar tentang Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin."
Ternate (ANTARA News) - Rombongan wisata rohani dan umroh dari Tobelo, Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut), yang diprakarsai oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo, ke Yerusalem dan Mekah telah kembali ke Tanah Air.

"Ini program rekonsolidasi umat beragama, khususnya Muslim dan Nasrani di Tobelo. Rombongan yang melakukan perjalanan umroh dan wisata rohani tersebut berjumlah masing-masing lima orang perwakilan dari warga Muslim dan Kristen," kata Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Sachono di Ternate, Kamis.

Ia mengatakan, selama kurang lebih satu bulan para peserta mendapatkan perjalanan spiritual ke Yerusalem dan Mekah.

Peserta bernama Yano Riswan Mahura dari masyarakat Kristen Tobelo menyatakan, kunjungan ke Yerusalem memberikan pengalaman tersendiri, khususnya menyangkut toleransi antarumat beragama di kota itu.

"Terdapat 5 agama berbeda yaitu Yahudi, Islam, Kristen, Katolik dan Kristen Armenia yang dapat hidup berdampingan baik dari sektor pemerintahan hingga toleransi antarumat beragama. Pengalaman tersebut menjadi bekal saya untuk ditularkan kepada rekan-rekan masyarakat Kristen di Tobelo, untuk lebih sadar tentang hidup damai dan berdampingan satu sama lain," katanya.

Ridwan Dodo dari masyarakat Muslim Tobelo mengatakan, perjalanan dirinya bersama rekan-rekan ke Tanah Suci terasa sangatlah singkat, karena sangat menikmati betapa damainya suasana dan kehidupan masyarakat di sana.

"Di sana kami mengetahui bahwa di Mekah sendiri seperti layaknya di Indonesia, dimana juga ada masyarakat memeluk agama selain Islam, sehingga berangkat dari situlah kami belajar tentang Islam sebagai Rahmatan Lil Alamin," katanya.

Ia mengepresiasi upaya Pangdam XVI/Pattimura yang menyelenggarakan program ziarah rohani dan umroh tersebut.

"Sungguh ini merupakan perjalanan spiritual yang sangat berharga dan tanpa diduga-duga, dan kami berharap program ini dapat berkesinambungan," katanya.

Rombongan wisata rohani dan umroh dari Tobelo tiba di Bandara Babullah Ternate menggunakan pesawat Sriwijaya Air, dijemput langsung oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Sachono beserta jajarannya.

Danrem dalam sambutannya memberikan wejangan-wejangan agar mereka yang mengikuti program itu dapat mempelopori keharmonisan antarumat beragama di Tobelo dan Halmahera Utara pada umumnya, berbekal pengalaman selama kunjungan di Yerusalem dan Mekah.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016