London (ANTARA News) - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjalin kerja sama dengan dua universitas di Hongaria yakni Budapest Business School (BBS) dan Universitas Pecs.

Duta Besar RI untuk Hongaria Wening Esthyprobo mengatakan kerja UGM dan BBS sama ini akan menjadi landasan penguatan kerjasama lainnya, kata Fungsi Penerangan Sosial Budaya Kedutaan Besar RI Yudhi Gunawan kepada Antara London, Jumat.

UGM dan BBS akan bekerja sama bidang ilmu ekonomi, bisnis dan manajemen.

Kerja sama kedua negara ini ditandatangani oleh Rektor UGM Prof Dwikorita Karnawati dan Rektor BBS Prof Eva Kriszt.

Inisiasi kerja sama itu diawali dengan saling tukar staf pengajar, peneliti dan mahasiswa, kemudian ditingkatkan dengan joint research serta joint publication.

Sementara itu bertempat di gedung KBRI Budapest, Rektor Universitas Gadjah Mada Prof Dwikora Karnita juga menandatangani perjanjian kerja sama pendidikan tinggi dengan Universitas Pecs yang diwakili Wakil Rektor Urusan Pendidikan Dr. Gyula Berke.

"Kerjasama kedua universitas tersebut menunjukkan hubungan yang erat antara kedua negara melalui sektor pendidikan tinggi," kata Wening Esthyprobo.

Ia mengharapkan kerja sama tersebut akan menjadi pemicu bagi peningkatan sektor pendidikan tinggi.

Kerja sama tersebut meliputi pertukaran dosen dan peneliti, pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama. Teknis pelaksanaannya akan segera ditindaklanjuti melalui unit pelaksana di masing-masing universitas.

Wakil Rektor Universitas Pecs Dr Gyula Berke menjelaskan Universitas Pecs sebagai universitas pertama dan tertua di Hongaria yang didirikan tahun 1367 memiliki pengalaman baik dari segi teknik pengajaran maupun penelitian.

Pengalaman tersebut dapat disalurkan bagi pengembangan dan peningkatan Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu universitas unggulan di asia bahkan di dunia.

Pewarta: Zeyinita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016