Jakarta (ANTARA News) - Oracle menghadirkan Oracle Communications Mobile Security Gateway dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2016, di Barcelona, Spanyol.

Solusi tersebut menyediakan cara-cara baru untuk membantu penyedia layanan komunikasi memperluas cakupan jaringan yang efisien dari segi biaya dan meningkatkan kapasitas jaringan secara aman, serta menyatukan Wi-Fi dan internet ke mobile core.

Selain itu, dukungan untuk Wi-Fi calling memungkinkan penyedia layanan komunikasi untuk memanfaatkan Wi-Fi dalam mengatasi masalah cakupan suara indoor.

"Wi-Fi adalah kemampuan standard di sistem operasi mobile, untuk menciptakan jaringan lebih terpercaya dan memberikan layanan Wi-Fi yang diinginkan pelanggan," kata Doug Suriano, Senior Vice President dan General Manager, Oracle Communications, dalam keterangan tertulisnya.

"Oracle Communications Mobile Security Gateway membuat mereka yakin bahwa mereka bisa memanfaatkan peluang ini dan melakukannya dengan aman," sambung dia.

Oracle Communications Mobile Security Gateway memberikan kemampuan pada penyedia layanan komunikasi untuk meningkatkan cakupan suara dalam ruangan. Dengan Wi-Fi calling, penyedia layanan komunikasi bisa menggunakan Wi-Fi sebagai jaringan akses untuk mobile core yang mengaktifkan voice dan video calling, serta rich messaging.

Selain itu, solusi tersebut diklaim mampu mengurai kepadatan di jaringan makro. Penyedia layanan komunikasi bisa menggunakan Wi-Fi untuk meringankan beban data traffic di jaringan makro dan memindahkannya ke Internet secara aman.

Solusi itu juga disebut mampu meningkatkan cakupan dan kapasitas di daerah yang sulit dijangkau serta padat di mana Base station yang ditempatkan dalam ukuran kecil dan strategis, disebut small cell, memungkinkan penyedia layanan komunikasi untuk memperluas cakupan dan meningkatkan kapasitas jaringan mobile.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016