Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengukuhkan Pengurus Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi DKI Jakarta masa bakti 2015-2020.

Pelantikan sekaligus pembukaan Rapat Kerja Wilayah I DMI DKI Jakarta tersebut dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta, dihadiri Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Saya berharap para pengurus DMI DKI Jakarta yang baru ini dapat bekerja sebaik-baiknya dan penuh dengan tanggung jawab demi kemaslahatan umat di ibu kota," kata Wapres.

Menurut dia, masjid bukan hanya sekadar tempat untuk menunaikan ibadah, tetapi juga tempat pertemuan umat untuk membuat berbagai macam perubahan di lingkungannya.

"Oleh karena itu, masjid harus dimakmurkan sehingga dapat memakmurkan seluruh masyarakatnya. Ini adalah salah satu fungsi masjid yang senantiasa harus selalu dijalankan," ujarnya.

Lebih lanjut, Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DMI itu meminta agar para pengurus bukan hanya mampu membina masyarakat untuk rajin beribadah, tetapi juga peduli dengan lingkungan di sekitarnya.

"Masjid itu harus ramah dengan lingkungan sekitar. Kondisi lingkungan, kesehatan masyarakat, aspek pendidikan, dan bahkan perekonomian masyarakat sekitar juga harus menjadi perhatian. Sebaliknya, masyarakat juga harus memberikan suasana yang tenteram di lingkungannya," katanya.

Turut hadir dalam acara tersebut, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, di antaranya Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah, Asisten Sekda Bidang Kesejahteraan Masyarakat DKI Fatahillah, dan Kepala Biro Pendidikan Mental Spiritual Ahmad Ghazali.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016