Tiga pekerja tambang yang tertimbun longsor berhasil ditemukan, namun sudah dalam kondisi meninggal. Korban terakhir ditemukan adalah operator eksavator atas nama Annur,"
Samarinda (ANTARA News) - Tiga pekerja tambang yang sebelumnya dilaporkan tertimbun longsor di sebuah areal tambang batu bara di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, akhirnya berhasil dievakuasi.

Kapolsek Samboja Ajun Komisaris Polisi Dika Yosef Anggara dihubungi dari Samarinda, Selasa, mengatakan ketiga operator alat berat yang tertimbun longsor tersebut, ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa.

"Tiga pekerja tambang yang tertimbun longsor berhasil ditemukan, namun sudah dalam kondisi meninggal. Korban terakhir ditemukan adalah operator eksavator atas nama Annur," ujar Dika.

Korban Annur ditemukan pada Selasa dini hari sekitar pukul 01.12 Wita dalam posisi terjepit di dalam kabin eksavator.

"Pekerja tambang itu ditemukan terjepit di kursi dalam kabin eksavator. Jasadnya baru berhasil dievakuasi sekitar pukul 02.00 Wita, kemudian langsung dibawa ke Rumah Sakit Samboja dan sekitar pukul 04.15 Wita diserahkan kepada keluarganya untuk dimakamkan di Balikpapan," katanya.

Ia menambahkan proses evakuasi jasad operator eksavator itu cukup menyulitkan tim SAR, karena kondisi tanah yang sangat labil sehingga sangat membahayakan keselamatan tim SAR.

"Area tenggelamnya ketiga pekerja tambang itu memang berada di kawasan kolam bekas galian tambang, sehingga cukup menyulitkan tim SAR untuk melakukan evakuasi. Korban pertama ditemukan setelah jasadnya mengambang kemudian korban kedua setelah dilakukan penyedotan air kolam," katanya.

"Karena kondisi tanah labil, sehingga pencarian korban ketiga korban dilakukan dengan cara mengeringkan kolam itu dan setelah kering dilakukan penimbunan agar tanahnya tidak bergeser. Jadi, dalam satu jam, terjadi penurunan tanah hingga satu sentimeter dan selama proses evakuasi berlangsung tanah sempat turun hingga sembilan sentimeter. Berkar kerja keras tim SAR, evakuasi jasad korban berhasil dilakukan," ujar Dika Yosef.

Sebelumnya, yakni pada Jumat (29/1) sekitar pukul 09.40 Wita, tim SAR gabungan juga berhasil mengevakuasi jasad operator alat berat lainnya bernama Novit (35).

Kemudian, pada Minggu (31/1) sekitar pukul 10.30 Wita, tim SAR berhasil mengevakuasi jasad operator buldozer atas nama Nasiran.

"Dengan ditemukannya ketiga pekerja tambang tersebut, mulai hari ini proses pencarian dihentikan, Namun, penyelidikan terkait kasus tersebut tetap dilakukan oleh Polres Kutai Kartanegara," kata Dika Yosef Anggara.

Ketiga pekerja tambang itu tertimbun longsor saat melakukan pengambilan tanah di lokasi tambang batu bara milik REP dengan sub kontraktor PT Lembuswana Perkasa di Kelurahan Bukit Merdeka, RT 09, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara, pada Kamis (28/1) sekitar pukul 05.15 Wita.

Pada peristiwa tersebut, dua pekerja yakni Selamat, seorang operator truk serta Nasiran operator eksavator berhasil selamat dengan cara melompat.

Pewarta: Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016