Sumenep (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur mengecek kesiapan distribusi logistik pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dilakukan KPU Sumenep.

"Distribusi logistik pilkada di Sumenep memang mendapat perhatian lebih, karena memiliki banyak pulau. Kunjungan kami ke KPU Sumenep memang dalam rangka mengecek kesiapan distribusi logistik pilkada," kata komisioner KPU Sumenep, Dewita Hayu Shinta di Sumenep, Minggu.

Sumenep yang terdiri atas 27 kecamatan itu memiliki 126 pulau dan 48 pulau diantaranya merupakan pulau berpenghuni.

"Alhamdulillah, sesuai hasil konformasi kami kepada kawan-kawan komisioner KPU Sumenep, semua logistik yang menjadi kebutuhan di TPS pada hari H pilkada nanti sudah diterima dan dalam proses pemilahan berbasis TPS," ujarnya.

Bahkan, kata dia, logistik pilkada yang akan didistribusikan ke tiga kecamatan di wilayah kepulauan sudah dalam posisi siap kirim.

"Saat ini, KPU Sumenep tinggal menunggu jadwal pemberangkatan kapal untuk mendistribusikan logistik pilkada ke tiga kecamatan di wilayah kepulauan," ucapnya.

Shinta juga mengemukakan, secara keseluruhan, KPU di 19 kota/kabupaten di Jawa Timur sudah siap mendistribusikan logistik pilkada ke tingkat kecamatan.

"Namun, khusus di Sumenep, distribusi logistik pilkada ke wilayah kepulauan memang dilakukan lebih awal dan waktunya menyesuaikan dengan jadwal pemberangkatan kapal," katanya.

Ketika berada di KPU Sumenep, Shinta didampingi stafnya mengecek langsung logistik pilkada yang telah dipilah berbasis TPS dan disimpan di gudang KPU setempat.

"Semoga saja kondisi cuaca laut di Perairan Sumenep dan sekitarnya kondusif dan selanjutnya distribusi logistik pilkada ke wilayah kepulauan berjalan lancar dan sesuai jadwal," ujarnya.

Pilkada serentak pada tahun ini termasuk Pilkada Sumenep akan digelar pada 9 Desember.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015