Sleman (ANTARA News) - Delegasi dari Timor Leste pada Kamis mengunjungi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk mempelajari kebijakan sosial daerah tersebut, salah satunya dalam mengatasi kemiskinan.

Ketua Delegasi Timor Leste Arcangelo De Jesus Leite mengatakan kunjungan ke Sleman merupakan bagian dari upaya reformasi kebijakan sosial di Timor Leste.

"Delegasi Timor Leste mencoba menggali berbagai kebijakan sosial di negara lain untuk mereformasi kebijakan di negara kami," katanya.

Selain mengunjungi Indonesia, menurut Leite, delegasi dari negaranya juga akan bertandang ke Malaysia.

"Indonesia dipilih menjadi salah satu negara yang dikunjungi karena dilihat perkembangannya selama ini telah banyak perubahan yang terjadi setelah terjadi reformasi," katanya.

"Dalam kunjungan di Indonesia, Sleman dipilih karena dianggap memiliki kemajuan-kemajuan positif yang dirasa perlu untuk dipelajari oleh pemerintah Timor Leste," katanya.

Leite mengatakan selama ini pemerintahnya masih kesulitan untuk mendapatkan data kemiskinan yang valid karena banyak kepala desa/suku yang memiskinkan warganya ketika dilakukan pendataan.

Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Bidang Administrasi Djoko Handoyo mengatakan pemerintah kabupaten akan berbagi pengalaman dengan delegasi Timor Leste.

"Terkait penanganan kemiskinan, Sleman sudah memiliki sistem pendataan dan berbagai program kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan," katanya.

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015