Jember (ANTARA News) - Sepuluh calon haji asal Kabupaten Jember, Jawa Timur, dalam kelompok terbang 10, 11, 12, dan 13 tertunda berangkat ke Tanah Suci karena visa yang belum turun.

"Ada sepuluh calhaj yang terkendala visa dengan rincian lima orang di kloter 10, tiga orang kloter 11, satu orang kloter 12, dan satu orang kloter 13," kata Kasi Haji dan Umroh Kementerian Agama Jember Misbahul Munir di Jember, Jumat.

Jumlah calhaj Jember yang berangkat ke Tanah Suci pada 2015 adalah 1.654 orang yang dibagi dalam empat kloter yakni kloter 10, 11, 12, dan 13.

"Ada beberapa calhaj yang sebenarnya sudah bisa berangkat, namun mereka tidak mau karena suami atau istrinya belum berangkat akibat persoalan visa. Misalnya di kloter 10 terdapat lima calhaj yang tertunda karena visa, namun suami atau istri mereka minta berangkat bersama-sama sehingga total calhaj yang tertunda sebanyak 10 orang di kloter 10," kata dia.

Misbahul mengatakan seluruh visa 10 calhaj asal Jember ini sudah selesai dan mereka hanya menunggu kursi kosong dari kloter lain yang kemungkinan juga menghadapi masalah visa.

"16 calhaj asal Jember saat ini berada di Asrama Haji Sukolilo hingga menunggu keberangkatan menuju Tanah Suci karena persoalan visanya sudah beres," tuturnya.


Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015