Milan (ANTARA News) - Berbagai lomba seperti lomba makan kerupuk, joget kelereng dalam sendok, lomba bakiak diikuti masyarakat Italia memeriahkan HUT RI -70 yang digelar di Paviliun Indonesia di Milan Expo, selama dua hari pada Jumat dan Sabtu.

Berbagai kalangan baik anak anak mapun remaja dan bapak-bapak mengikuti lomba yang sering digelar di tanah air yang menyambut hari kemerdekaan RI ke-70, demikian koresponden Antara London melaporkan dari Milan, Minggu.

"Saya senang bisa ikut dalam lomba memasukin kelereng dalam botol," ujar Mariella Merlino, dari Italia salah seorang yang ikut dalam lomba yang diadakan Paviliun Indonesia,

Gabriele yang berusia 76 dari kota Milan pun mengikuti lomba makan kerupuk dan mengakui sesuatu yang menarik yang belum pernah dilakukannya. "Saya punya teman orang Indonesia. Saya ingin mengetahui lebih jauh tentang Indonesia," ujarnya.

Sementara itu Sung Jae Cho dari Korea yang mengikuti lomba makan kerupuk mengakui bahwa sesuatu hal yang belum pernah dilakukannya sebelumnya dan sangat menyenangkan bisa ikut memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

"Indonesia Merdeka," ujar Sung Jae Cho, staff Paviliun Korea di Milan Expo kepada wartawan.

Para pemenang lomba mendapatkan berbagai hadiah dari sponsor seperti tiket menonton pertandingan sepakbola dari klub inter Milan, kaos dan pada puncak acara tersedia tujuh tiket pesawat terbang dari Qatar Air dari Italia ke Jakarta pp.

Selain mengelar berbagai lomba dalam rangka menyambut HUT RI ke -70 , Paviliun Indonesia juga mengelar pertunjukan berbagai kesenian seperti tari tarian dari berbagai daerah, dan juga penampilan kelompok musik dari pelajar Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Italia.

"Saya bangga bisa ikut mengisi acara di Paviliun Indonesia dalam rangka menyemarakan hari kemerdekataan Indonesia," ujar Lili Indayani yang tengah menuntut ilmu di Dela Calabria di kota Cozensa.

Lili Indayani bersama Diah Angraini Martin dari Polandia dan Rahmida Dewi Patmawati dari Belanda menghibur para pengunjung Paviliun Indonesia dengan membawakan tarian Kembang Tanjung dan Tari Panyembrana dan Tari Cendrawasih.

Menurut Lili, penonton sangat aktraktif dan apresiatif, diharapkan pada akhirnya akan memberikan inspirasi kepada masyarakat Italia khususnya dan pengunjung Milan Expo yang datang dari berbagai negara pada umumnya untuk berlibur ke indonesia.

Selain itu juga dipertunjukkan musik dan lagu lagu Indonesia yang dibawakan musisi muda Indonesia yang tengah menuntut ilmu di Italia diantaranya Birul Waldani, Septian Hadi, Samuel Ampudan Putra dan Priskila Wijaya.

Ramainya pengunjung Paviliun Indonesia Bertepatan dengan liburan masal di Italia, yang disebut Feragosto yang memberikan kesempatan kepada masyarat Italia untuk berlibur

Di paviliun Indonesia juga digelar demo memasak paduan Indonesia dan Italia seperti spaghetti yang diberi bumbu rendang dan nasi goreng dengan dicampur keju Mozarela berhasil menarik selera pengunjung Paviliun Indonesia di Milan Expo.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015