Jakarta (ANTARA News) - Arus balik kendaraan pada H+7 libur panjang Idul Fitri 1436 Hijriyah di jalan Tol Jakarta-Cikapek cenderung ramai lancar.

Berdasarkan pantauan Antara di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, Sabtu, pada pukul 17.00 WIB, arus kendaraan yang didominasi mobil pribadi cukup padat.

Kepadatan terjadi terutama menjelang tiga titik rest area antara kilometer (km) 62 dengan km 41. Meski demikian kendaraan masih dapat dipacu dengan kecepatan di atas 30 kilometer (km) per jam.

Pertemuan arus kendaraan dari Tol Cipali dan Cilenyi pada H+7 Lebaran 2015 ini tidak sepadat di hari-hari sebelumnya. Hal ini karena jumlah kendaraan yang memasuki Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sudah menurun.

Pemudik dari Semarang yang akan menuju Cinere, Depok, Aditya B Prabowo mengatakan masuk melalui Tol Cipali sekitar pukul 17.00 WIB dan sudah bisa masuk ke Bekasi Barat sekitar pukul 18.30 WIB.

"Yang sempat tersendat tadi di setiap menjelang rest area. Perkiraannya di Karawang Barat juga macet panjang, ternyata tidak, tapi tadi cukup padat," ujar dia.

Antrean sekitar 300 hingga 400 meter, menurut dia, sempat terjadi di Gerbang tol utama Cikarang Barat. "Antrean kendaraan yang double di setiap pintu tol bikin lama pembayaran. Itu jadi masalah juga," katanya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi dari humas PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek Iwan Abriyanto, jumlah kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta sudah mengalami penurunan sejak Senin (20/7).

"Lalu lintas pada Senin (20/7), sekitar 103 ribu kendaraan. Angka tersebut menurun pada Rabu (22/7), sekitar 101 ribu kendaraan, dan mencapai 98 ribu kendaraan pada Kamis (23/7)," ujar Iwan.

Pihak Jasa Marga, menurut dia, melakukan antisipasi arus kendaraan dengan melakukan contraflow kanan jika memang kemacetan terjadi.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015