Jakarta (ANTARA News) - Seorang tokoh pemuda dari Jakarta, Ichwanul Muslimin,  mengatakan, peran pemuda dalam mendukung dunia pendidikan khususnya di Ibu Kota harus bisa terealisasi dengan baik, contohnya dengan mengadakan berbagai pelatihan dan penyuluhan serta program cinta lingkungan.

"Peran Pemuda Jakarta dalam mendukung Dunia Pendidikan menurut saya bisa di jalankan melalui berbagai Program diantaranya Pelatihan Keterampilan, Karya Ilmiah, Cinta Lingkungan serta Pelatihan Dasar kepemimpinan (LDK) yang saya yakin juga sudah ada di berbagai sekolah, hanya perlu dibuat lebih kreatif lagi sehingga para siswa berminat untuk ikut serta ke program yang positif ini," kata fungsionaris DPP KNPI Ichwanul Muslimin dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin.

Pada kesempatan itu Ichwanul yang akrab disapa Anul menyampaikan selamat kepada para siswa sekolah lanjutan tingkat pertama (SLTP dalam mengikuti Ujian Nasional tingkat SMP (4-7 Mei 2015) , yang kemudian akan melanjutkan jenjang pendidikan ke tinggal yang lebih tinggi di Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berbicara tentang UN tentunya tak lepas dari hasil kerja para Guru dan Orang Tua siswa, dimana selama tiga tahun masa belajar para siswa sebagai harapan Bangsa ini akan menentukan berbagai nilai yang telah mereka capai untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

Ditanya tentang isu-isu pendidikan selain UN Anul pun menyampaikan harapannya kepada para guru, pemerintah dan orang tua. Adapun hal yang di sampaikan Anul adalah seputar pendidikan akhlak dan budi pekerti serta rasa nasionalisme sebagai anak bangsa pewaris estafet kepemimpinan Negeri ini di masa akan datang.

"Saya mengimbau kepada pihak sekolah terutama para guru yang mendidik langsung para siswa bahwa perlu ditingkatkan pendidikan budi pekerti dengan landasan akhlak yang baik, karena seperti diketahui masih banyaknya kasus tawuran antara pelajar hingga ke masalah-masalah yang menghawatirkan seperti narkoba dan pergaulan bebas," katanya.

Sementara seperti Ibu Kota Jakarta sebagai barometer pendidikan, Anul pun berharap kepada Pemprov DKI Jakarta khususnya Dinas Pendidikan, bisa melakukan Sinergi dengan Masyarakat khususnya Pemuda dimana peran-peran pendidikan di Kota Metropolitan sekelas Jakarta yang dinamis perlu terobosan-terobosan kreatif agar mampu menekan hal-hal negative yang terjadi saat ini.

"Kepada Pemprov DKI Jakarta, khususnya Dinas Pendidikan, saya mengimbau agar dapat melakukan berbagai terbosan-terobosan baru untuk menyalurkan minat dan bakat anak didik di sekolah, dimana peran ex-school berupa karya-karya Ilmiah anak didik perlu diperkuat, ini sangat penting untuk kita melahirkan generasi-generasi yang cerdas," demikian Ichwanul Muslimin.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015