Seoul, Korea Selatan (ANTARA News) - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memerintahkan eksekusi 15 pejabat senior tahun ini, termasuk beberapa orang yang mengeluhkan kebijakan pemimpin muda itu, kata dinas rahasia Korea Selatan seperti dikutip AFP.

Yang dieksekusi itu termasuk dua pejabat setingkat wakil menteri, lapor kantor berita Yonhap, mengutip para wakil rakyat yang menghadiri briefing oleh Dinas Intelijen Nasional (NIS).

Kedua orang itu dihukum karena menentang atau mengeluhkan perintah-perintah Kim, kata para wakil rakyat Korea Selatan itu.

NIS mengikuti langkah yang telah diambil ayahanda dan kakeknya dengan menggunakan pembersihan dan eksekusi untuk memastikan disiplin dan loyalitas kepada penguasa.

Kim telah mengeksekusi pamannya yang sekaligus mentor politiknya, Jang Song-Thaek, pada akhir 2013 karena serangkaian tuduhan, termasuk pengkhianatan dan korupsi.

Jang telah memainkan peran sangat besar dalam memoles kepemimpinan Kim yang tak berpengalaman yang naik berkuasa setelah kematian ayahnya Kim Jong-Il pada Desember 2011.

Namun para analis menyatakan semakin besarnya kekuatan politik Jang dan campur tangannya pada kesepakatan-kesepakatan perdagangan  besar tidak disenangi oleh keponakannya.




Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015