11 TIM DARI 7 NEGARA IKUTI PROGRAM INKUBASI BISNIS; 4 DIANTARANYA MEDAPATKAN PENDANAAN
 
Singapura, 5 Desember 2014 (ANTARA) – Singapore International Foundation (SIF) baru saja mengumumkan pemenang SIF Young Social Entrepreneurs 2014. Dalam program tersebut tim-tim wirausaha muda di bidang sosial dari mancanegara akan menjalani program selama delapan bulan di bawah bimbingan para pemimpin perusahaan untuk mempertajam proposal bisnis sosial mereka. 11 tim berpartisipasi dalam kunjungan studi ke luar negeri dan melakukan presentasi untuk memenangkan bantuan dana bagi perusahaan sosial mereka dimana bantuan dana dengan jumlah total senilai 40.000 dolar Singapura (sekitar Rp400 juta) akan dianugerahkan untuk empat tim wirausaha muda terpilih.  

Setelah menyeleksi 35 tim yang terdiri dari 76 pemuda dari 12 negara—termasuk Indonesia, Amerika Serikat, India, Malaysia, Republik Korea, Singapura, Thailand dan Kamboja—empat tim pemenang SIF YSE 2014 adalah:
  • Eden Greening, beranggotakan tiga pemuda Korea Selatan yaitu Young Ju Oh (22 tahun), Sang Su Kim (25) dan Yiyeun Hong (21). Mereka berupaya mengembangkan produk-produk ramah lingkungan guna mendukung penghijauan kota di Korea Selatan.
  • Jugnuu, dipimpin oleh pemuda Singapura Pramodh Rai (27), dan pemuda India Ankita Gupta (23) serta Priya Andleigh (23). Mereka menyediakan solusi-solusi pembelajaran bahasa Inggris berbasis teknologi mobile yang murah kepada murid-murid sekolah dasar dari keluarga kurang mampu di daerah pedesaan India. 
  • Local Alike oleh tiga sekawan Suratchana Pakavaleetorn (25), Patomporn Pongnin (24) dan Somsak Boonkam (31). Mereka mempromosikan wisata berbasis komunitas sebagai mata pencaharian yang memungkinkan untuk masyarakat pedesaan di Thailand. 
  • Society Staples oleh dua sekawan warga negara Singapura yaitu Debra Lam (21) dan Ryan Ng (23). Mereka berencana membuka pusat kebugaran untuk semua kalangan di Singapura, bahkan untuk penyandang cacat. 

Indonesia diwakili oleh satu tim yang berhasil melaju hingga ke babak final: Hejo Green Fertilizer, yang terdiri dari Rhevi Dayana (20), Tania Alifianita (20) dan Rizqikha Hanung (20). Antusiasme wirausaha sosial muda dari Indonesia pun meningkat pesat dimana pada tahun 2013 SIF menerima 7 proposal yang berasal dari 17 pelamar, dan di tahun 2014 menerima 41 proposal dari 103 pelamar.
 
Tania Alifianita (20) dari tim Hejo mengungkapkan: "Semua anggota di tim kami belum pernah melakukan bisnis sebelumnya, dan kita benar-benar mulai dari nol. Tapi mentor yang terlibat di program sangat membantu dan kami benar-benar belajar banyak tentang memulai usaha sosial kita sendiri. Perjalanan studi ke Mumbai juga memberi kami perspektif baru terhadap usaha sosial. YSE telah memberikan kita pelatihan selama hampir satu tahun, yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain karena banyak program lain sepertinya hanya dilakukan sebentar dan tidak sedalam ini. "
 
Ankita Gupta (23) dari Jugnuu berpendapat bahwa “wawasan terhebat yang kami peroleh dari program ini adalah kami tidak dapat melakukannya sendirian. Kami terinspirasi oleh semangat kolaborasi yang kami rasakan bersama rekan-rekan peserta YSE, dan program ini betul-betul membuat kami dapat membangun hubungan dan menjalin persahabatan dengan orang-orang dari berbagai negara yang berbeda. Pprogram ini juga memberikan dasar untuk membantu membawa perusahaan sosial kami ke tahap berikutnya.”

Menurut Debra Lam (21) dari Society Staples: “Program YSE telah mempertemukan kami dengan teman-teman yang berjuang untuk tujuan yang sama, yakni mewujudkan kesejahteraan sosial. Kualitas bimbingan dan jaringan baik dalam bentuk sumber daya, dedikasi dan waktu yang kami peroleh selama mengikuti program ini tidak ada bandingannya. Kami tersanjung dapat menjadi bagian dari jaringan pemuda agen perubahan dunia yang berjuang mewujudkan dunia yang lebih baik.”
 
Program YSE yang diselenggarakan SIF berupaya menginspirasi, melengkapi dan memberdayakan kaum muda dari berbagai negara untuk mengembangkan perusahaan-perusahaan yang berupaya memecahkan masalah sosial baik di Singapura maupun di negara-negara lainnya. Sejak diluncurkan tahun 2010, program ini telah membina jaringan dari 260 agen perubahan muda dari 17 negara. Para peserta YSE belajar dan berinteraksi dengan para pengusaha sosial terdepan, profesional bisnis dan pemuda yang menaruh minat besar pada inovasi sosial, sekaligus memperluas jaringan personal dan profesional mereka untuk membuka peluang kerja sama demi kebaikan masyarakat luas.
 
Dana sebesar 30.000 dolar Singapura disponsori setiap tahunnya oleh apVentures. Tahun ini, Gubernur SIF Mr Kankipati Rajan Raju dan istrinya Mrs Anu Raju, sebagai penyandang dana aktif selama bertahun-tahun, juga ikut bergabung dengan menjanjikan bantuan pendanaan tambahan sebesar S$10.000.  
 
Menurut Ketua SIF, Ms Euleen Goh: “Di SIF, kami menjalin persahabatan untuk menciptakan dunia yang lebih baik, mempertemukan Citizen Ambassadors global untuk berbagi pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk memperkaya hidup melalui kewirausahaan sosial. Tahun ini kita berada di putaran kelima dari program YSE dan kita selalu merasa tergugah dan senang melihat semangat para pembuat perubahan di YSE ini. Sungguh sangat menginspirasi melihat para pemimpin muda ini mengerahkan kekuatan ide dan jejaring yang diberikan selama berlangsungnya program guna menciptakan perubahan yang positif dan memperkaya kehidupan di seluruh dunia.”
 
Pendaftaran untuk program YSE 2015 sudah dibuka dan dapat dilihat di www.sif.org.sg/yse
 
– SELESAI –  
 
TENTANG SINGAPORE INTERNATIONAL FOUNDATION
Singapore International Foundation menjalin persahabatan untuk mewujudkan dunia yang lebih baik.
 
Kami membangun hubungan yang erat antara warga Singapura dan masyarakat dunia, serta memanfaatkan persahabatan ini untuk memperkaya kehidupan dan mewujudkan perubahan positif.
 
Kerja kami berakar pada keyakinan bahwa interaksi lintas budaya memberikan wawasan yang memperkuat pemahaman. Pertukaran ini melahirkan inspirasi untuk bertindak dan memungkinkan terbangunnya kolaborasi untuk kebaikan bersama.
 
Program-program kami mempersatukan masyarakat untuk berbagi ide, keterampilan dan pengalaman di beragam bidang seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, seni dan budaya serta mata pencaharian dan bisnis.
 
Kami melakukan ini karena kami percaya, kita semua dapat, dan sudah semestinya, melakukan bagian kita untuk membangun dunia yang lebih baik, yaitu dunia yang damai, inklusif dan membuka kesempatan untuk semua orang.
 
Informasi lebih lanjut dapat diakses di  www.sif.org.sg  
 
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:
     
Gottfried Toar
Edelman Indonesia
DID: +62 21 721 59000 Ext. 190
Mobile: +62 856 229 2219
Email: gottfried.toar@edelman.com 

Ms Charlene Poon  
Singapore International Foundation  
Corporate Communications  
DID: +65 6690 6356 / +65 9363 2703  
Email: charlene.poon@sif.org.sg  


 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2014