Supaya besok, pelaksanaan berjalan aman, damai dan tertib."
Pontianak (ANTARA News) - Lima rohaniawan membacakan doa bersama di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Barat untuk kelancaran pelaksanaan Pemilu Presiden 9 Juli 2014.

Pembacaan doa itu bersamaan dengan acara buka puasa bersama yang digelar di Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalbar di Pontianak, Selasa.

Mereka mewakili dari kalangan Muslim, Katolik, Buddha, Kong Hu Cu dan Protestan.

Hadir dalam acara tersebut Pangdam Tanjungpura Mayjen TNI Ibrahim Saleh, Ketua KPU Provinsi Kalbar Umi Rifdiyawati, Asisten I Setda Kalbar Sumarno, serta perwakilan partai politik, pengawas pemilu kabupaten/kota, pemerintah daerah serta Polda Kalbar.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah menuturkan, melihat eskalasi politik saat ini maka patutlah kita saling menjaga silaturahim.

"Supaya besok, pelaksanaan berjalan aman, damai dan tertib," kata Ruhermansyah.

Pangdam Tanjungpura Ibrahim Saleh menyambut baik kegiatan Bawaslu Provinsi Kalbar. "Kita semua punya niat baik, dan kami sejak tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan, bekerja keras bersama-sama supaya pilpres berjalan lancar," kata Ibrahim Saleh.

Ia mengakui biasa terjadi perbedaan dan ada yang emosi maupun tidak. "Ada yang mampu kendalikan, ada juga yang tidak," katanya.

Kodam Tanjungpura menyiapkan pasukan 12 unit setingkat Kompi, dan 17 unit setingkat peleton serta mengoptimalkan babinsa di lapangan.

Asisten I Setda Kalbar Sumarno menambahkan, berbagai upaya dari beragam pihak telah dilakukan agar Kalbar aman.

"Hal-hal yang negatif dapat muncul kalau tidak diantisipasi lebih dulu," katanya. (T011/Z002)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014