Jayapura (ANTARA News) - Ketua panitia pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMU/SMK dan SMP Kota Jayapura, Papua, Cliford Korwa mengatakan Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional ikut mengawasi langsung pelaksanaan UN didaerah tersebut.

"Jadi pelaksanaan UN di Kota Jayapura diawasi dan dipantau oleh Inspektorat dan Dirjen Diknas, selain diawasi oleh pengawas internal sekolah, Disdik Provinsi Papua dan kampus Universitas Cenderawasih," kata ketua panitia pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMU/SMK dan SMP Kota Jayapura kepada Antara, Senin.

Menurtnya Inspektorat dan Dirjen Diknas melakukan pengawasan secara menyeluruh mulai dari pendistribusian naskah UN hingga pemindaian naskah UN yang telah dikerjakan oleh peserta UN. 

"Untuk pengawasan seperti saya sebutkan tadi, dan dari Dirjen Pendidikan Nasional juga ikut mengawasi bersama pengawas external yang dilibatkan dari peguruan tinggi setempat yakni dari kampus Universitas Cenderawasih," katanya.

Terkait peserta UN, Cliford yang juga Kabid SMU/SMK Kota Jayapura mengatakan sebanyak 4.348 siswa/i dari 44 SMP di Kota Jayapura, Papua yang dibagi dalam lima rayon pada Senin (5/5) pagi mulai mengikuti UN. 

Dan diprediksikan UN di Kota Jayapura akan berjalan lancar dan aman, karena naskah soal UN sebanyak 79 karton itu diterima oleh pihaknya dari Dinas Pendidikan Pusat telah tiba di Ibu Kota Provinsi Papua itu sejak Sabtu (3/5) pagi pekan kemarin dan dikawal oleh pihak kepolisian.

"UN di Kota Jayapura kami pastikan berjalan lancar dan aman. Naskah UN sudah kami terima sebanyak 79 karton yang dikawal langsung oleh pihak kepolisian guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya di Jayapura, Senin.

Dan terkait pendistribusian naskah UN, kata Cliford, setiap pagi selama ujian, ketua-ketua rayon bersama kepala sekolah dan panitia yang telah ditunjukan diwajibkan mengambil naskah itu di sekertariat UN yang berada di Dinas Pendidikan Kota Jayapura. 

"Jadi naskah UN itu diambil langsung di Dinas Pendidikan Kota setiap hari ujian mulau dari pukul 04.00 Wit-05.00 Wit. Dan kami menggunakan sistem rayon yang dibagi dalam lima bagian," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014