Jakarta (ANTARA News) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta mencatat sebanyak 194 acara akan digelar pada malam pergantian tahun 2013.

"Malam tahun baru ini, kami mencatat sebanyak 194 acara bertemakan perayaan pergantian tahun akan digelar secara menyebar di seluruh wilayah ibukota," kata Kepala Disparbud DKI Arie Budhiman di Jakarta, Selasa.

Menurut Arie, jumlah tersebut sedikit mengalami penurunan dibandingkan pada malam perayaan tahun baru sebelumnya yang mencapai 196 acara.

"Akan tetapi, lokasi pelaksanaan acara justru mengalami peningkatan, yakni dari 155 lokasi pada malam tahun baru sebelumnya, kali ini menjadi 156 lokasi," ujar Arie.

Ratusan acara malam tahun baru digelar secara menyebar di lima wilayah Jakarta. Di Jakarta Pusat sebanyak 82 acara di 52 lokasi, Jakarta Utara sebanyak 15 acara di 14 lokasi, Jakarta Barat 27 acara di 26 lokasi, Jakarta Selatan 64 acara di 59 lokasi dan Jakarta Timur hanya lima acara di 4 lokasi.

Sementara itu, di Kepulauan Seribu juga akan digelar hiburan malam tahun baru di empat pulau, antara lain Pulau Pramuka dengan jenis hiburan gambang kromong dan Pulau Tidung dengan hiburan pagelaran musik dan seni tradisi.

Kemudian, Pulau Untung Jawa akan menyajikan hiburan pagelaran musik dan seni tradisi, dan Pulau Bidadari menyajikan hiburan live music, gala dinner serta pesta kembang api.

"Di Jakarta Utara, pesta malam pergantian tahun akan dipusatkan di kawasan Ancol. Sedangkan, di Jakarta Timur akan dipusatkan di Kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)," tutur Arie.

Dia mengungkapkan perayaan malam tahun baru di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan akan dirayakan di halaman kantor wali kota masing-masing wilayah.

"Kemudian, di Jakarta Pusat, acara akan dipusatkan di sepanjang Jalan MH Thamrin (Bundaran Patung Kuda) sampai Jalan Jenderal Sudirman (Dukuh Atas) melalui kegiatan Jakarta Night Festival (JNF)," ungkap Arie.

Hiburan yang ditampilkan di malam pergantian tahun sangat bervariasi, diantaranya berupa pertunjukan kesenian, musik, film dan hiburan lainnya. Sebagian besar acara akan dimulai dari pukul 19.00 WIB.
(R027)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013