Teknologi ini dapat meningkatkan daya serap serta animo belajar siswa yang sangat fantastis sesuai petunjuk Permendiknas yaitu menggunakan sarana yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa yang tinggi serta menjadikan suasana belajar mengajar ya
Jakarta (ANTARA News) - Teknologi pendidikan terbaru dapat menjadikan proses belajar mengajar interaktif antara pengajar dan siswa sudah menjadi model utama pendidikan saat ini yang ditandai pameran perangkat pendidikan modern dalam acara Indocomtech 2013 di Jakarta, 30 Oktober--3 November 2013.

"Dengan teknologi terbaru dalam bidang pendidikan seperti Interactive whiteboard, proses belajar mengajar antara siswa dan pengajar atau dosen menjadi semakin mudah dan siswa semakin mudah mengerti pelajaran tersebut," kata Harry Lo, Direktur Utama PT Offistarindo Adhiprima dalam keterangan pers yang diterima, Senin.

Salah satu teknologi terbaru adalah Interactive Whiteboard Type Promethean ActivBoard 595 Pro Mobile System with EST Projector.

Sebuah papan interaktif multi touch pen dan sentuhan tangan (touch screen) yang kaya fitur, menggabungkan warna, gerak dan aktivitas suara yang terintegrasi dengan built-in speaker penguat suara stereo sebagai pendukung mata pelajaran.

Terpasang pada stand board yang dapat diatur ketinggiannya secara elektrik (motorized height adjustable stand), dilengkapi gantungan proyektor serta proyektor tipe short throw.

Menurut Harry Lo, Interactive Whiteboard ini mampu mengubah metode/sistem belajar yang sifatnya masih manual ke sistem belajar mengajar yang lebih interaktif karena merupakan sarana pembelajaran multimedia yang berupa media teks, grafis, foto, gambar, audio, video serta animasi secara integrasi.

"Teknologi ini dapat meningkatkan daya serap serta animo belajar siswa yang sangat fantastis sesuai petunjuk Permendiknas yaitu menggunakan sarana yang dapat membangkitkan motivasi belajar siswa yang tinggi serta menjadikan suasana belajar mengajar yang menyenangkan," katanya.

Sarana ini memungkinkan pelaksanaan proses belajar mengajar menjadi aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan bahkan dapat dilakukan kapan saja baik di dalam maupun di luar ruang kelas sehingga proses pembelajaran menjadi sangat produktif dengan hasil akhir akselerasi penyerapan materi belajar yang sangat cepat dan bermutu tinggi.

"Alat ini tidak hanya mampu meningkatkan kualitas pendidikan para siswa tetapi juga mampu meningkatkan kualitas guru dalam mengajar," demikian Harry Lo.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013