Agak sulit memang. Soalnya presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan telah melakukan tindakan kurang patut dalam berdemokrasi....beliau adalah presiden dari peserta-peserta konvensi berlatar belakang menteri."
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti melaporkan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan ke Komite Konvensi Partai Demokrat di Wisma Kodel, Jakarta, Senin, terkait dugaan penggunaan fasilitas negara oleh Mendag dalam kampanye Konvesi Capres PD.

"Biasanya, dalam tradisi berpemilu, seseorang yang terbukti mempergunakan fasilitas negara dalam kampanye dapat berakibat pada dua hal," kata Ray saat dihubungi Antara dari Jakarta, Senin.

Dia memaparkan dua hal tersebut, yaitu pertama menuntut yang bersangkutan untuk berhenti dari jabatannya dan kedua mendiskualifikasinya.

Ray melaporkan Gita menggunakan fasilitas negara melalui aksesnya sebagai menteri negara.

"Pacsapenetapan Gita sebagai peserta konvensi pada tanggal 15 Agustus 2013, beberapa materi iklan dari menteri tersebar, seperti di sarung kursi kereta api jarak jauh. Terdapat juga baliho di sekitar Jabodetabek yang berisi tentang Gita Wirjawan," kata dia.

Ray berharap komite konvensi mau menindaklanjuti iklan dari Gita yang mengarah kepada penggunaan fasilitas negara untuk kepentingan pribadi dalam hal ini kampanye konvensi capres partai berkuasa.

Sementara itu, Ray tidak bisa berharap banyak terhadap Gita untuk mundur sebagai menteri perdagangan apabila tetap ikut konvensi.

"Agak sulit memang. Soalnya presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan telah melakukan tindakan kurang patut dalam berdemokrasi. Hal itu tampak saat ketua dewan pembina sekaligus ketua umum pada partai yang menggelar konvensi sekaligus beliau adalah presiden dari peserta-peserta konvensi berlatar belakang menteri," katanya.

"Repot juga minta menteri seperti Gita Wirjawan dan Dahlan Iskan untuk mundur pada situasi di mana atasan mereka itu merangkap jabatan seperti sekarang," katanya.

Ray yang mendatangi Komite Konvensi PD diterima langsung oleh Sekretaris Konvensi Suaidi Marasabessy.

Direktur Lima tersebut mengharapkan agar komite mempelajari lebih lanjut mengenai dugaan penyalahgunaan wewenang oleh Mendag Gita Wirjawan.

"Kami meminta komite konvensi untuk mempelajarinya karena ada kemungkinan Mendag menggunakan fasilitas negara untuk kampanye pascapenetapan peserta Konvensi PD," katanya. (A061/D007)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013