Surabaya (ANTARA News) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI mempromosikan potensi wisata Pulau Kalimantan di Surabaya, Jawa Timur.

"Kami berharap semakin banyak wisatawan lokal atau dalam negeri yang mengunjungi Kalimantan. Apalagi di sana banyak sekali wisata-wisata yang sangat indah, khususnya untuk berpetualang," ujar Plt Direktur Promosi Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pemasaran Pariwisata di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani, di sela pameran "Direct Promotion Kalimantan" di Mal Cito Surabaya, Jumat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2012, kata dia, di Indonesia terdapat sekitar 250 juta orang yang melakukan pergerakan pariwisata di dalam negeri. Namun, hanya 11 juta orang yang mengunjungi Kalimantan.

"Di Kalimantan ada wisata khas, yakni melihat orang utan secara langsung dengan melalui hutan maupun menyusuri sungai. Ini yang tidak di dapat di daerah lain," katanya.

Ia juga menjelaskan  Jawa Timur, khususnya Surabaya, dipilih untuk sasaran promosi wisata Kalimantan karena banyaknya penduduk serta akses yang sangat mudah dari kota tersebut.

"Apalagi tahun lalu jumlah pergerakan wisata masyarakat Jatim mencapai 40 juta orang. Ini yang menjadi perhatian dan diharapkan berbondong-bondong ke Kalimantan," kata dia.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013