Banda Aceh (ANTARA News) - Sebanyak 2.053 orang dari total pendaftar 12.971 orang melalui jalur Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SMBPTN) dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh.

"Dua ribuan peserta yang dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru Unsyiah itu merupakan kuota 30 persen dari total penerimaan melalui jalur SMBPTN," kata Koordinator Panitia lokal SMBPTN Banda Aceh, Darusman di Banda Aceh, Senin.

Disebutkannya, sebanyak 2.053 yang dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa baru tersebut tersebar di 52 program studi.

Dijelaskannya, peminat paling banyak pada jalur penerimaan tersebut adalah prodi manajemen kemudian disusul Fakultas Kedokteran dan informatika dengan nilai tertinggi di kedokteran dilanjutkan fakultas kedokteran gigi dan teknik pertambangan.

Ia mengatakan secara provinsi untuk nilai siswa, Aceh menduduki urutan ke 23 baik untuk Scientek dan soshum secara nasional dibanding tahun sebelumnya berda pada urutan ke 29.

Sedangkan berdasarkan passing grade, Unsyiah berada pada urutan ke 8 yakni dengan skor rata-rata 551.

"Kita targetkan untuk tahun depan nilai rata-rata yang dicapai lulusan SMA akan meningkat dibanding posisi tahun sebelumnya," kata Darusman yang juga Purek IV Unsyiah.

Pihaknya meyakini dengan naiknya peringkat lulusan SMA di Aceh, maka lulusan SMA/sederajat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu akan diperhitungkan di tingkat nasional.

Pewarta: Muhammad Ifdhal
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013