Rencananya rombongan akan turun pada tiga titik di wilayah Kota Padang yakni Pasa Lalang Belimbing Kecamatan Kuranji yang semula direncanakan sebagai titik pertemuan. Sebagian lagi akan turun di Aie Dingin Kecamatan Koto Tangah dan Batu Busuk Kecamat
Padang (ANTARA News) - Evakuasi evakuasi 21 orang rombongan napak tilas Syafri Dt Siri Marajo, Ketua DPRD Kabupaten Solok, Sumatera Barat dilakukan pada titik tiga yang ada di Kota Padang.

"Rencananya rombongan akan turun pada tiga titik di wilayah Kota Padang yakni Pasa Lalang Belimbing Kecamatan Kuranji yang semula direncanakan sebagai titik pertemuan. Sebagian lagi akan turun di Aie Dingin Kecamatan Koto Tangah dan Batu Busuk Kecamatan Pauh," kata Wakil Komandan Yonif 133/ Yuda Sakti Mayor Infanteri M. Wahyudi Amry di Padang, Kamis.

Menurut dia, sebanyak 86 orang prajurit TNI bergabung untuk melakukan evakuasi rombongan 21 orang rombongan DPRD Kabupaten Solok.

"Prajurit TNI telah bergerak pada tiga titik tersebut untuk melakukan evakuasi rombongan DPRD Kabupaten Solok," ujar dia.

Berdasarkan laporan terkahir yang diperoleh, tambah M Wahyudi tim SAR bersama 21 orang rombongan DPRD Kabupaten Solok sudah bergerak. "Kita belum tahu dimana posisi Tim SAR bersama 21 orang rombongan DPRD itu," jelas M. Wahyudi Amry

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Solok, Desra Ediwan menyatakan saat ini Tim SAR telah bertemu dengan rombongan napak tilas Ketua DPRD Kabupaten Solok. Mereka membawa perbekalan untuk rombongan napak tilas tersebut.

"Beradasarkan informasi yang diperoleh, Tim SAR gabungan yang telah bertemu dengan rombongan napak tilas tersebut posisinya sekarang ini telah berada di daerah kawasan perbukitan Padang Janiah,Kota Padang," ujar dia.

Menurut dia, Tim SAR gabungan telah bertemu dengan rombongan napak tilas tersebut tambah kondisi kawasan perbukit Padang Janiah tersebut sangat terjal.

"Mereka sangat hat-hati membawa rombongan napak tilas tersebut, dimana kondisi kawasan perbukit Padang Janiah tersebut sangat terjal," ungkap dia.

Sekarang ini kondisi rombongan napak tilas itu mengalami kelelahan berat ada juga mengalami luka-luka ringan. Mereka yang ditemukan rata-rata kekurangan bahan makanan.

"Hingga malam ini Tim SAR yang berada di kawasan perbukitan itu yang telah bertemu dengan rombongan tersebut belum sampai ke Posko pencarian yang berada di posko pencarian di kawasan Lalang Pasa Lalang, Belimbing Kecamatan Kuranji Kota Padang," ungkap Desra Ediwan.(*)



Pewarta: Derizon Yazid
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013