Ambon (ANTARA News) - Gempa tektonik berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) mengguncang Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, Selasa petang sekitar pukul 19.24 WIT.

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon menyebutkan episentrum gempa berada pada 2.79 lintang selatan (LS) dan 129.76 bujur timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut.

Lokasi gempa berada pada posisi 74 kilometer arah timur laut Maluku Tengah, 89 kilometer barat laut Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), atau 154 kilometer Seram Bagian Barat (SBB).

Lokasi tersebut juga berjarak 198 kilometer timur laut Pulau Ambon atau 2.578 kilometer timur laut Jakarta, dan tidak menimbulkan gelombang pasang (tsunami).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Kifly Wakanno membenarkan gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami.

Provinsi Maluku merupakan salah satu daerah rawan gempa dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni Pasifik, Indo Australia, dan Eurasia.

Lempeng Indo Australia yang masuk ke bawah lempeng Eurasia bertemu dengan Lempeng Pasifik, sehingga mengakibatkan patahan tidak beraturan.  (JA/E005)

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013