Kabupaten Bogor (ANTARA) - Tim Rescue Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengevakuasi seekor ular piton sepanjang satu meter dari kloset rumah warga di Kelurahan Sukahati, Cibinong, Bogor.

Komandan Regu 2 Rescue Damkar Kabupaten Bogor, Nuriyadi dalam keterangannya di Bogor, Rabu, menjelaskan bahwa pihaknya menerima laporan dari masyarakat yang kaget atas kemunculan ular piton sekitar pukul 01.30 WIB.

"Kami dapat laporan dari pemilik rumah. Kemudian tim langsung ke lokasi melakukan penyelamatan dan pertolongan darurat ular sanca (piton)," ungkapnya.

Nuriyadi menyebutkan, pemilik rumah yang bernama Bayu melaporkan telah melihat kepala ular di lubang kloset kamar mandi miliknya saat hendak buang air besar.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim evakuasi ular sanca dari kloset rumah di Ciracas

Baca juga: Belasan ular kobra ditemukan di kloset warga Kembangan


"Pemilik rumah sempat berinisiatif untuk mengeluarkan ular tersebut dengan cara mengguyur lobang pipa menggunakan air panas. Tapi ketika ditunggu sekitar satu jam ular itu tidak keluar sama sekali," papar Nuriyadi.

Karena khawatir, kata dia, pemilik rumah kemudian melapor kepada tim Damkar untuk penanganan lebih lanjut. Mendapati laporan itu, enam personel tim penyelamat Damkar langsung menuju ke lokasi menaklukkan ular tersebut.

Menurutnya, petugas sempat kesulitan untuk mengevakuasi lantaran ular tersebut bersembunyi di dalam pipa kloset.

Namun, setelah hampir dua jam penanganan, ular piton itu berhasil ditarik dari dalam pipa menggunakan alat penjepit khusus bernama grab stick snake. Ular tersebut langsung dimasukkan ke dalam karung.

"Evakuasi dilakukan selama dua jam dan petugas kembali tiba di mako pukul 03.30 WIB," kata Nuriyadi.*

Baca juga: Petugas evakuasi ular sanca tiga meter dari rumah warga di Tangerang

Baca juga: Puluhan warga Banjarmasin lapor ular masuk ke rumah

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023