Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan program Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan pariwisata nusantara dan pertumbuhan ekonomi lokal.

“Saya ucapkan selamat kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, khususnya kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas diluncurkannya KEN 2023. Saya senang karena KEN yang merupakan program strategis guna mengembangkan event-event di seluruh Indonesia dapat terus berkembang dari tahun ke tahunnya,” ucapnya secara virtual dalam peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) Festival 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu.

Karena itu, diharapkan KEN 2023 dan KEN tahun-tahun selanjutnya memberikan dampak baik terhadap Indonesia dalam hal perkembangan pariwisata nusantara dan pertumbuhan ekonomi lokal.

“Dengan semangat dan kerja sama, kita harus ada di sini. Kalau kita semua bersatu, bersama-sama mengerjakan dan bangga sebagai orang Indonesia, tentu hal ini (meningkatkan perkembangan pariwisata melalui event-event) pasti kita dapat capai,” kata dia.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian turut menyampaikan program KEN yang telah diadakan sejak tahun 2021 mampu menyukseskan berbagai penyelenggaraan dan mengembangkan event-event d seluruh Indonesia. Dampak signifikan yang diperoleh atas penyelenggaraan KEN ialah pengembangan sektor pariwisata Indonesia, pembukaan lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi nasional.

“Saya harapkan KEN 2023 dengan strategi atau branding Sportive (klasifikasi khusus untuk sport, music, dan creative festival) dapat melanjutkan kesuksesannya seperti tahun-tahun sebelumnya, sehingga akan dapat lebih mampu menarik kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara, mendorong penciptaan lapangan kerja, dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Tito secara virtual

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengucapkan selamat kepada Kemenparekraf atas peluncuran KEN 2023.

“Semoga program ini dapat lebih mengenalkan destinasi-destinasi wisata nusantara serta menjadi lokomotif ekonomi daerah bagi masyarakat, terutama bagi pelaku seni budaya dan event di daerah,” ungkap Menkop secara online.

Pada KEN 2023, ada 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 28 provinsi dengan lima bidang penilaian, yakni pariwisata dan ekonomi kreatif, inovasi dan kreatifitas, manajemen event, strategi komunikasi, serta pengembangan bisnis dan pemasaran. Sementara pada edisi pertama, KEN meluncurkan 83 event terpilih dari 34 provinsi.

Untuk edisi KEN 2022, disebut telah menciptakan tiga juta pergerakan wisatawan nusantara, 11 ribu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), 55 ribu pelaku seni/event, dan 250 asosiasi maupun komunitas, serta 11 ribu pekerja.

Baca juga: Jokowi: Tahun ini sangat baik untuk genjot pertumbuhan pariwisata RI

Baca juga: Kemenparekraf geliatkan ekonomi melalui Kharisma Event Nusantara 2023


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023