Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Banda Aceh mendapatkan penghargaan dari Mendagri Tito Karnavian atas kesuksesan program gerakan 10 juta Bendera Merah Putih saat peringatan HUT RI ke 77 pada 17 Agustus 2022.

"Ini sebagai wujud apresiasi Mendagri kepada Pemerintah Kota Banda Aceh yang telah sukses melaksanakan program gerakan nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih," kata Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq dalam keterangannya, di Banda Aceh, Senin.

Untuk diketahui, Banda Aceh menjadi salah-satu kota dari tiga kota di Indonesia yang dipilih sebagai lokasi pencanangan gerakan 10 juta bendera merah putih HUT RI ke 77 bersama Surabaya dan Merauke.

Program gerakan 10 juta bendera tersebut juga telah berhasil mencatatkan event tersebut dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dan rekor dunia dengan total sebanyak 12.070.595 bendera dari Sabang hingga Merauke.

Baca juga: Mendagri beri penghargaan bagi gerakan 10 juta bendera di Kalsel

Baca juga: Mendagri bagikan Bendera Merah Putih di Kabupaten Merauke


Bakri menyampaikan terima kasih kepada masyarakat hingga media massa yang telah berpartisipasi menyukseskan gerakan 10 juta bendera yang digagas Kemendagri tersebut.

“Penghargaan ini milik warga Kota Banda Aceh yang secara bersama-sama dengan Pemko, TNI, Polri dan komunitas pemuda serta serta perangkat gampong (desa)," ujarnya.

Bakri juga menuturkan, pada 13 Agustus lalu, Kota Banda Aceh menjadi salah satu lokasi pencanangan gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di wilayah Sumatera.

Di mana saat itu, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo hadir langsung di Taman Sari (Taman Bustanussalatin) Banda Aceh melaunching gerakan tersebut.

Dengan program itu, Banda Aceh berhasil memerahputihkan jalan-jalan protokol, ruang publik, kantor-kantor pemerintah, kantor-kantor swasta hingga gapura gampong (desa) dan rumah-rumah warga dihiasi oleh warna merah putih.

"Bukan hanya bendera, tapi juga umbul-umbul dan aneka ornamen lainnya yang bernuansa merah putih pun terlihat menghiasi seluruh pelosok kota saat itu. Terima kasih kepada semuanya atas kesuksesan ini," demikian Bakri Siddiq.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah laksanakan gerakan 10 Juta Bendera Merah Putih

Baca juga: Kota Kediri bagikan bendera Merah Putih ke warga

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022